Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Jordi, Elkan dan Yance Absen di Laga Lawan Vietnam
Olahraga
24 jam yang lalu
Jordi, Elkan dan Yance Absen di Laga Lawan Vietnam
2
Indonesia Jadi Tuan Rumah Asia Road Race Championship 2025
Olahraga
23 jam yang lalu
Indonesia Jadi Tuan Rumah Asia Road Race Championship 2025
3
PERBASI Gelar Seleknas untuk Bentuk Timnas Basket 5on5 Putri U-18 di Bali
Olahraga
23 jam yang lalu
PERBASI Gelar Seleknas untuk Bentuk Timnas Basket 5on5 Putri U-18 di Bali
4
Usher Menikah Diam-diam, Kejutkan Keluarga dan Fans
Umum
22 jam yang lalu
Usher Menikah Diam-diam, Kejutkan Keluarga dan Fans
5
Lala Widy Laris, Sebulan Penuh Main di Pesbukers Ramadan
Umum
21 jam yang lalu
Lala Widy Laris, Sebulan Penuh Main di Pesbukers Ramadan
Home  /  Berita  /  GoNews Group

Gowes Nusantara Bangkitkan Kota Palu

Gowes Nusantara Bangkitkan Kota Palu
Minggu, 22 September 2019 00:15 WIB
Penulis: Azhari Nasution
PALU -  Kawasan hutan kota Kolombona sebagai ikon baru kota Palu Sulawesi Tengah pada Sabtu (21/9/2019) dipadati ribuan warga. Kawasan yang nantinya akan menjadi area sport center di kota Provinsi Sulawesi Tengah itu disesaki masyarakat untuk menyambut event nasional Gowes Nusantara, Palu Bangkit salah satu program unggulan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan tagline Ayo Berolahraga, Bergerak Dimana Saja, Kapan Saja.

Sesuai dengan tagline Kemenpora Ayo Berolahraga, acara yang bekerja sama dengan Dispora Palu dalam rangka membugarkan masyarakat Indonesia itu diawali dengan senam gowes bersama. Usai senam bersama Wakil Walikota Palu Sigit Purnomo Said melepas rombongan gowes yang menempuh jarak 14,7 kilometer.

Peserta Gowes tak hanya datang dari kota Palu namun juga datang dari berbagai kabupaten lain diantaranya Buol, Donggala, Sigi, Toli-Toli, Banggai, Mamuju dan Parigi bahkan peserta juga datang dari Makassar.

"Mewakili Pemerintah Kota Palu, kami ucapkan terimakasih atas kepercayaan Kemenpora kembali memberikan kepercayaan menggelar event gowes Nusantara yang bertepatan dengan rangkaian HUT kota Palu. Simbol-simbol kebangkitan kota mulai bangkit. Palu akan jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya," ungkap Pasha sapaan akrab Sigit Purnomo Wawali Kota Palu dalam sambutannya, Sabtu (21/9/2019).

Kota Palu pada 28 September 2018 lalu, hancur lebur setelah bencana gempa bumi berkekuatan 7,4 SR dan Likuifaksi atau tanah bergerak yang meratakan pemukiman penduduk di kelurahan Petobo dan Balroa. Kemudian gelombang tsunami juga menghancurkan pemukiman warga di pantai Palu.

"Setelah satu tahun bencana, Palu mulai berbenah. Sebagai korban gempa dan tsunami, warga Palu kini menjadi lebih kuat untuk bangkit dari masa lalu. Gowes Nusantara Palu Bangkit momen kebangkitan warga Palu melalui olahraga," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Deputi Pembudayaan Olahraga Suryati mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga memberikan apresiasi kepada pemerintah kota Palu yang untuk ketiga kalinya menggelar dan mensukseskan program andalan Kemenpora dalam rangka membugarkan masyarakat.

"Ini yang ketiga kalinya ya. Kami sangat senang pemkot Palu terus berkomitmen memfasilitasi event ini. Kedepannya acara ini akan diikuti oleh peserta ysng lebih banyak lagi," kata Suryati.

Lebih lanjut ia mengatakan, masyarakat sehat akan menjadi masyarakat unggul. Wanita berhijab itu juga berharap event olahraga seperti halnya Gowes Nusantara juga dapat melibatkan potensi masyarakat untuk menampung kreativitas ibu-ibu. "Saya berharap kedepannya event selerti ini juga melibatkan kaum perempuan untuk menjual potensi daerah mulai dari makanan, minuman, kerajinan

Acara dihadiri oleh Kepala Bidang Pengembangan Ruang Publik Olahraga Slamet Rahardjo dan tim Kemenpora, Kadispora Palu Andi Sumardi, Kepala Dinas PU, Komandan Korem, Komandan Kodim, Kapolres, Kapolsek, serta berbagai unsur Forkompimda Palu yang tak hanya menjadi tamu bahkan juga menjadi peserta Gowes Nusantara Palu Bangkit yang berbaur dengan peserta gowes lainnya. ***

wwwwww