Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Iwan Bule: Putusan MK Tepat, Tak Ada Cawe-Cawe Presiden di Pemilu 2024 Lalu
Politik
24 jam yang lalu
Iwan Bule: Putusan MK Tepat, Tak Ada Cawe-Cawe Presiden di Pemilu 2024 Lalu
2
Bernard van Aert Resmi Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
13 jam yang lalu
Bernard van Aert Resmi Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
3
PERBASI Panggil 14 Pemain untuk Ikut TC Tahap Kedua Timnas Basket U-18 Putri di Bali
Olahraga
12 jam yang lalu
PERBASI Panggil 14 Pemain untuk Ikut TC Tahap Kedua Timnas Basket U-18 Putri di Bali
4
PT Pertamina Siap Dukung PB Percasi Lahirkan Pecatur Andal
Olahraga
2 jam yang lalu
PT Pertamina Siap Dukung PB Percasi Lahirkan Pecatur Andal
5
Susanto Megaranto Kalah, IM Gilbert Elroy Tarigan Bermain Remis
Olahraga
2 jam yang lalu
Susanto Megaranto Kalah, IM Gilbert Elroy Tarigan Bermain Remis
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Umum

Ternyata Tagar #RiauDibakarBukanTerbakar Ampuh Bikin Jokowi Terbang ke Riau

Ternyata Tagar #RiauDibakarBukanTerbakar Ampuh Bikin Jokowi Terbang ke Riau
Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden.
Selasa, 17 September 2019 00:02 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Polusi udara akibat kebakaran hutan di Riau sudah mencapai taraf berbahaya. Tagar #RiauDibakarBukanTerbakar pun sempat menjadi trending topic di Twitter, hingga Jumat, 13 September 2019.

Tak sedikit warga net yang mendesak Presiden Joko Widodo untuk terjun langsung ke Riau, guna mengatasi masalah karhutla dan korban asap. Selain tagar itu, sejumlah mahasiswa dan masyarakat Riau di Jakarta, juga melakukan aksi simpatik korban asap di Bundaran HI saat CFD Minggu kemarin.

"Sementara di ibukota sibuk dengan isu KPK yang juga tidak kalah penting, sodara-sodara kita di Riau dan Pekanbaru berjuang sendiri meminta perhatian. “Tidak ada upaya signifikan dari pemerintah,” kata mereka,” tulis pemilik akun @ismailfahmi.

Sementara itu, akun @SonyAndrio menuliskan, Yth Pak @Jokowi, beginilah penampakan kondisi Riau dan beberapa daerah lainnya terkenda dampak pembakaran lahan oleh para binatang jalang!

“Semua foto tdk diedit sama sekali,” twitt Sony sambil mengunggah foto-foto terkini asap berwarna kuning menyelimuti Pekanbaru dan Riau.

Sementara itu, akun @sseyengg menuliskan,” Mau ngapa-ngapain sesak terus. Kemana-mana harus pake masker. Bljr di rumah juga pake masker gara-gara baunya kecium sampe kamar. Bangun pagi yang dihirup bukan lagi udara segar, tapi asap” tulisnya.

Kualitas udara di sebagian Pekanbaru dan sejumlah wilayah di Riau dalam kategori berbahaya akibat polusi kabut asap Karhutla. Hingga sekitar pukul 15.00 WIB Jumat sore, asap masih terlihat pekat menyelimuti Pekanbaru.

Kondisi paling parah terjadi pada pagi hari karena jarak pandang di Pekanbaru turun drastis hingga tinggal 300 meter. Hal ini sempat membuat sejumlah warga Kota Pekanbaru heboh karena asap yang pekat membuat Jembatan Siak IV tidak terlihat dari pandangan mata.

Ternyata, tagar #RiauDibakarBukanTerbakar sangat ampuh. Terbukti, Presiden Joko Widodo sore tadi bertolak menuju Provinsi Riau dalam rangka berkoordinasi mengenai penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Presiden dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pada pukul 17.00 WIB dan tiba di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau pada pukul 18.28 WIB disambut Gubernur Riau, Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution.

Malam harinya, Presiden Jokowi bersama jajaran terkait diagendakan untuk langsung menggelar rapat terbatas mengenai karhutla.

Presiden meminta kepada para aparat untuk bersiaga mulai dari tingkat yang paling bawah dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan lebih lanjut. "Jangan sampai ada yang namanya status siaga darurat. Ada api sekecil apapun segera selesaikan, sudah. Kita ini kan punya infrastruktur organisasi sampai ke bawah. Desa ada Bhabinkamtibmas, Babinsa, ada semuanya. Mestinya begitu muncul kecil sudah ketahuan dulu," kata Presiden.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Riau antara lain Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo.

Selain itu, turut menyertai Presiden ialah Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Staf Khusus Adita Irawati, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Suharyanto.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/