Loading...

Akibat Kabut Asap, Pendidikan di Pekanbaru Lumpuh Total, 4 Kampus Besar Juga Liburkan Mahasiswa

Akibat Kabut Asap, Pendidikan di Pekanbaru Lumpuh Total, 4 Kampus Besar Juga Liburkan Mahasiswa
Kabut asap di Pekanbaru. (net)
Jum'at, 13 September 2019 18:32 WIB
PEKANBARU - Setelah pemerintah meliburkan siswa mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA di Pekanbaru, kini giliran kampus meliburkan mahasiswanya. Ini berarti pendidikan di Pekanbaru lumpuh total. Ada 4 universitas di Pekanbaru yang meliburkan mahasiswanya sampai kabut asap berkurang total. Yaitu kampus UIN Suska, UIR, Unri dan UMRI.

"Seluruh mahasiswa kita liburkan selama satu pekan terhitung sejak hari ini karena kabut asap," ujar Rektor Universita Islam Negeri Suska Riau, Prof Dr H Akhmad Mujahidin, SAg MAg saat dihubungi GoRiau.com, Jumat (13/9/2019).

Akhmad menyebutkan, kebijakan itu dia putuskan demi kesehatan mahasiswa lantaran kabut asap yang semakin pekat di Pekanbaru dan daerah lain.

"Demi kesehatan mahasiswa, maka kita liburkan. Tapi kalau misalnya ada hujan deras yang membuat kabut asap berkurang atau hilang, kita umumkan agar mahasiswa masuk. Karena melihat kondisi sekarang, kita hanya berharap hujan dari Allah SWT," kata Akhmad.

Sementara untuk para dosen dan staf di kampus UIN Pekanbaru, Akhmad mengatakan mereka tetap masuk ke kampus. Sebab, kalau untuk pegawai negeri keputusan libur hanya ada pada pemerintah pusat.

"Kalau kami sebagai dosen, tetap masuk. Dalam regulasi seperti itu. Tidak bisa sembarangan libur, kami harus absen hari kerja," kata Akhmad.

Tak hanya UIN, kampus yang mengumunkan libur untuk mahasiswanya yaitu Universitas Islam Riau dimulai Jumat (13/9) hingga Sabtu (14/9) itu diambil demi kesehatan mahasiswa.

"Iya kita liburkan selama dua hari karena kabut asap semakin tebal, mulai Jumat hingga Sabtu," ujar Rektor Universitas Islam Riau, Prof DR Syafrinaldi saat dihubungi.

Syafrinaldi memerintahkan kepada para dekan dan Direjktur Pascasarjana untuk menginformasikan keputusan libur itu kepada seluruh mahasiswa. Namun untuk para dosen dan staf di kampus UIR, tetap masuk seperti biasa.

"Yang diliburkan hanya mahasiswa saja, dosen dan staf UIR termasuk saya tetap masuk kantor. Karena pertimbangan kita adalah kesehatan mahasiswa yang mobilisasinya banyak," kata Syafrinaldi.

Tak hanya UIR, kampus Universitas Riau dan Universitas Muhammadiyah Riau juga mengumumkan libur kepada siswanya. Itu terlihat dari pengumuman pihak kampus.

Sekedar informasi, udara Kota Pekanbaru saat ini terlihat menguning akibat kabut asap. Jarak pandang juga sangat terbatas, yakni 300 meter. Kebakaran hutan dan lahan terjadi di 8 kabupaten. Ratusan titik api juga menyebar di daerah tersebut. (gs1)

Editor : Hermanto Ansam
Kategori : GoNews Group, Peristiwa

Loading...
www www