Home  /  Berita  /  GoNews Group

Sering Karhutla, 3 Harimau Muncul di Kubu dan Kubu Darussalam Rohil

Sering Karhutla, 3 Harimau Muncul di Kubu dan Kubu Darussalam Rohil
Harimau masuk kampung di Kecamatan Kubu dan Kubu Babussalam Rokan Hilir
Senin, 02 September 2019 12:02 WIB
Penulis: Yan Faisal
BAGANSIAPIAPI - Diduga karena adanya kebakaran lahan dan hutan di daerah Rokan Hilir, Riau, tiga harimau muncul di daerah Kecamatan Kubu dan Kubu Darussalam. Terakhir, warga melihat kawanan ini di perbatasan area perkebunan PT Jatim Jaya Perkasa denga Sungai Majo Pusako, Senin (2/9/2019).

Menurut Buyung Dewa (63), warga Kubu, munculnya harimau ini di sebabkan habitatnya terganggu karena karhutla. ''Di hutan habitatnya terganggu, dan karena terdesak mereka masuk ke daerah Kubu dan Kubu Darussalam,'' ujarnya.

Penghulu Sungai Majo Pusako, Syafrizal membenarkan warganya kerap melihat harimau di sekitar batas kampung dengan kebun sawit PT Jatim Jaya Perkasa.

''Menurut warga, ada dua sampai tiga ekor harimau terlihat masuk batas kampung,'' ujar  penghulu seraya menghimbau warga mengurangi aktifitas di hutan dekat kampung mereka.

Andi (32), warga Parit II, Kecamatan Kubu, Senin (2/8/2019) mengaku sering melihat harimau di masuk kampung. ''Kami jadi takut, khawatir mau ke kebun, Atuk (harimau) sering menampakan diri,'' sebut Andi.

Menurut warga Kubu ini, (Kecamatan  Kubu induk dan Kubu Babussalam) ternak peliharaan warga kambing dan ayam sering di mangsa harimau liar. ***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77