Home  /  Berita  /  Olahraga
Liga Pelajar U 14 Piala Menpora 2019

Kalahkan Banten, Jateng Raih Gelar Juara

Kalahkan Banten, Jateng Raih Gelar Juara
Jum'at, 30 Agustus 2019 15:23 WIB
Penulis: Azhari Nasution

SOLO - Kesebelasan Jawa Tengah sukses menjuarai Liga Berjenjang U-14 Piala Menpora 2019, setelah di partai final mengalahkan kesebelasan Banten dengan skor 3-0 di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, Kamis (29/8/2019).

Kemenangan Jawa Tengah ini sekaligus mempertahankan gelar juara yang diraih pada tahun lalu. Jika tahun lalu juara Jawa Tengah berasal dari SSB R2 Solo, namun kali ini tim Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMPN 1 Surakarta yang menggondol piala tetap dan piala bergilir tersebut.

Tiga gol dari wakil Jawa Tengah itu masing-masing dicetak oleh Gerrard Dwiki pada menit keempat. Elang Vurgi Robben sukses menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-17 dan gol ketiga ditorehkan Saiful Arifin dengan memanfaatkan bola rebound yang diarahkan ke kiper Banten, sekaligus penyandang gelar topskorer dengan torehan lima golnya sepanjang kompetisi.

Sementara peringkat III bersama diraih Jawa Barat dan Jawa Timur.

Asisten Pelatih KKO Solo, Rianto Ardi Nugroho, mengatakan anak-anak asuhnya mampu menampilkan permainan yang luar biasa. Menurutnya mereka mampu menjalankan semua instruksi dari tim pelatih.

“Anak-anak tampil fight, bermain secara tim. Mereka berjuang secara maksimal sehingga kami bisa jadi juara,” ucap mantan kapten Persis Solo junior di tahun 2012 tersebut.

Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Alman Hudri mengatakan Jateng memang layak menyandang gelar juara. Ia menilai kualitas permainan dan kekompakan tim tersebut patut diacungi jempol.

“Saya berharap banyak daerah-daerah punya semangat pembinaan pada anak-anak serutin dan sekontinu dengan pihak Jateng,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo, mengatakan prestasi itu menjadi kebanggaan bagi warga Solo. Bahkan, dirinya juga menilai gelar juara itu menjadi penanda kebangkitan sepakbola Solo. “Ini membuktikan Solo punya banyak potensi calon pemain hebat. Semoga ini jadi bank pemain Persis Solo di liga profesional," ujarnya. ***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77