Loading...    
           

Undang SBY dan Prabowo di Muktamar PKB, Cak Imin Abaikan Keluarga Gus Dur

Undang SBY dan Prabowo di Muktamar PKB, Cak Imin Abaikan Keluarga Gus Dur
Spanduk protes Muktamar PKB di Bali. (Istimewa)
Selasa, 20 Agustus 2019 20:37 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Bukan hanya dua mantan Sekjen yang tidak diundang di Muktamar PKB ke-4 di Nusa Dua, Bali, yang rencananya akan dihadiri dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun keluarga pendiri partai lambang dunia tersebut yakni, keluarga Gus Dur juga tidak diundang. Anehnya, PKB justeru mengundang mantan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

"Setahu saya keluarga Gus Dur enggak pernah diundang di kegiatan PKB, setelah ada Muktamar Parung dan Muktamar Ancol tahun 2008," kata Husein kepada wartawan, Selasa (20/08/2019).

"Jadi kalau ditanya apakah keluarga Gus Dur diundang atau tidak ke mukhtamar? Wong diajak ngomong saja ndak kok!" ujarnya.

Di era kepemimpinan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, kata Husein, belum kelihatan niatan baik PKB untuk menemui keluarga Gus Dur dan membahas 'bagaimana PKB ke depan?'.

PKB hari ini, selain tak cukup menghargai Gus Dur, juga tengah menuju ke arah eksklusifitas Parpol yang tentu bertolak belakang dengan cita-cita Gus Dur.

Husein yang mengaku masih menjadi kader Gus Dur ini mengungkapkan, bahwa mendiang Gus Dur mengharapkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi partai yang terbuka dan iklusif.

"Bagaimana partai ini (harus bisa, red) membawa aspirasi dan membela yang benar," kata Husein.

"Sudah hilang semua jargon-jargon itu," tukas Husein.

Sementara itu, puteri Gus Dur, Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid atau yang akrab disapa Alissa Wahid mengatakan, bukan hanya kali ini saja keluarga besar Gus Dur tidak diundang dalam Muktamar PKB. "Kita enggak pernah diundang," ujarnya saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (20/08/2019) di Jakarta.

Menurut Alissa, PKB saat ini memang terpisah dengan Gus Dur dan keluaragnya. "Iya kan sekarang PKB terpisah dari Gus Dur.

Saat dimintai tanggapan soal tidak diundangnya mantan dua Sekjen PKB dan Keluarga Gus Dur di Muktamar PKB, Alissa meminta wartawan untuk bertanya langsung ke Yenny Wahid. "Kalau soal PKB ke Mbak Yenny ya bukan ke saya. Kan saya hanya ngurusin jaringan Gusdurian. Kami tegaskan Gusdurian itu non politik praktis," tegasnya.

Sebelumnya, Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengaku mengundang seluruh ketum parpol, seperti Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono, untuk menghadiri agenda Muktamar V PKB di Nusa Dua, Bali. Beberapa parpol sudah memberikan konfirmasi kehadiran.

"Semua ketua umum partai kita undang, semoga semua hadir, konfirmasi banyak yang akan hadir. Misalnya Ketum PAN, Gerindra, Demokrat," kata Cak Imin setelah meninjau pameran foto di sela Muktamar V PKB di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Selasa (20/8/2019).

Cak Imin berharap Muktamar PKB ini menjadi momen konsolidasi antarpartai. Jadi diharapkan akan ada pembicaraan soal Koalisi Indonesia Kerja di masa pemerintahan yang akan datang. "Moga-moga mumpung kumpul di Bali, sehingga kita harapkan bertemu mesti sebentar, ada gambaran solidaritas koalisi Indonesia kerja," harapnya..***


Loading...
wwwwww