Loading...

Tiba di Ruang Sidang Tahunan, Jokowi Kenakan Jas Biru, Iriana Berkebaya

Tiba di Ruang Sidang Tahunan, Jokowi Kenakan Jas Biru, Iriana Berkebaya
Jum'at, 16 Agustus 2019 08:34 WIB
JAKARTA - Setiap tahunnya, Presiden Jokowi memilih pakaian-pakaian tersendiri untuk dikenakan saat pidato Sidang Tahunan MPR RI 2019 di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta.

Kini, Jumat (16/8/2019) pagi, Jokowi memilih mengenakan pakaian formal yakni jas biru, dasi merah menyala dan peci hitam. Sementara Ibu Negara Iriana menggunakan kebaya putih dipadu selendang dan rok batik senada warna coklat.

Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di Ruang Rapat Paripurna 1 pukul 07.50 WIB. Kehadiran Jokowi disambut oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan para pimpinan dewan lainnya.

Jika menengok ke belakangan, pakaian Jokowi kali ini tidak jauh berbeda dengan tahun tahun 2018 lalu. Di 2018, Jokowi mengenakan setelas jas berwarna biru dongker, dasi merah menyala dan peci hitam. Sementara wakil Presiden Jusuf Kalla menggunakan setelah jas hitam.

Tahun 2017, Jokowi mengenakan pakaian adat Khas Bugis, Sulawesi Selatan. Sedangkan Jusuf Kalla mengenakan pakaian adat Khas Jawa‎. Seperti diketahui ‎Sulawesi Selatan adalah kampung atau tanah kelahiran Jusuf Kalla. Sementara Jawa adalah kampung dari Presiden Jokowi.

Pertukaran pakaian adat ini sengaja dipilih untuk menunjukkan bahwa Jokowi dan JK kompak satu sama lain. Sebelum Jokowi, pukul 07.50 WIB, Wakil Presiden Terpilih Ma'ruf Amin sudah tiba lebih dulu menggunakan setelan jas dan sarung berwarna hitam putih.

Untuk diketahui rangkaian sidang tahunan terdiri dari tiga agenda. Pertama sidang tahunan MPR, sidang bersama DPD-DPD RI dan terakhir sidang penyampaian RAPBN 2020. Sesuai agenda, acara akan dimulai pukul 08.00 WIB di gedung Nusantara atau Gedung Kura-Kura. Acara bakal dibuka dengan serangkaian seremonial pembukaan hingga pidato pembukaan.

Ketua MPR Zulkifli Hasan akan membacakan pidato pembukaan sidang tahunan. Sementara Presiden Jokowi tentang kinerja lembaga negaranya. Berikutnya sidang bersama DPR-DPD RI. Ketua DPR Bambang soesatyo akan berpidato sekaligus membuka sidang paripurna.

Disini Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-74 RI pukul 10.00 WIB. Terakhir, acara Rapat Paripurna Pembukaan Masa persidangan I DPR RI tahun 2019-2020. Dalam sidang ini, Jokowi menyampaikan pidato dalam rangka penyampaian RUU APBN 2020.

Puncaknya ada penyerahan RUU APBN 2020 beserta nota keuangan dan dokumen pendukung pada Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo.***

Editor : Muslikhin Effendy
Sumber : Tribunews.com
Kategori : GoNews Group, Peristiwa, Pemerintahan, Politik

Loading...
www www