Loading...    
           

Soccer Cup Robot 2019 SMK KAL-1 Semarakkan HUT RI Ke-74

Soccer Cup Robot 2019 SMK KAL-1 Semarakkan HUT RI Ke-74
Jum'at, 16 Agustus 2019 23:33 WIB
Penulis: Azhari Nasution

SURABAYA - Puncak kegiatan berbagai lomba memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-74 SMK KAL-1 dilaksanakan Karnaval (16/8/2019) dengan peserta seluruh siswa, guru dan staf yang dilepas keberangkatannya oleh Kepala SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs. Burhan, di halaman sekolah.

Karnaval berlangsung dengan jarak tempuh 4 Km di mulai dari sekolah keluar komplek Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) hingga perumahan di sepanjang jalan Ikan Musing dan Ikan Sepat.

Ketua panitia peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-74 I Ketut Pastika mengungkapkan bahwa berbagai lomba di kemas dalam kegiatan ini antara lain lomba mancing, kebersihan kelas, story telling, futsal, soccer robot, karaoke, banjara, sepeda motor modif digelar selama dua hari (15-16) Agustus.

Yang menarik dalam berbagai lomba adalah Soccer Robot, turnamen Sepakbola Robot (Soccer Robot) untuk kelas XI jurusan Teknik Audio Video. Soccer robot diikuti 8 tim masing-masing tim terdiri dari 2 robot/ dua siswa.

Kegiatan ini di kalangan siswa TAV lebih dikenal dengan sebutan “Soccer Cup Robot 2019” merupakan ide dari seluruh guru Kompetensi/keahlian Teknik Audio Vedio yang dipimpin langsung oleh Kaprodi TAV Karno Setyo Budi. Sedangkan untuk siswa kelas XII TAV melaksanakan lomba Robot Sumo diikuti 8 kelompkok dimana tiap-tiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa.

Tujuan diselenggarakan TAV Cyber Cup ini tentunya untuk menumbuhkan inovasi siswa dan mengembangkan teknologi yang mereka dapat di bangku sekolah, dengan demikian siswa dapat berkarya secara nyata yang diaplikasikan dari pelajaran elektronika dengan menjadikan robot sebagai temanya .

Kepala Sekolah SMK KAL-1 Drs Burhan memberi support dan apresiasi yang tinggi atas terlaksananya kegiatan ini, segenap managemen sekolah merasa bangga atas karya siswanya yang merupakan peningkatan hasil kompetensi/keahlian TAV (Teknik Audio Video).

Azriel kelas XI TAV salah satu peserta lomba soccer robot yang menjadi best desain merinci bahwa robot yang mereka desain terdiri dari beberapa komponen , antara lain, Arduino mini, motor DC, Push button, baterai, relay 6 volt, transistor, resistor, diode, roda, akrilik, kabel, Bluetooth RC Car (adalah aplikasi HP android yang digunakan untuk remote control robot .

Setelah dirangkai robot ini bisa di kendalikan secara manual dengan menggunakan remote yang tersambung langsung dengan robot), Robot menggunakan IC sebagai komponen utama yang mampu menggerakkan roda baik secara maju, mundur, belok ke kanan/kiri, serta memiliki kecepatan yang bergantung kepada kualitas motor penggerak dan desain robot. Salah satu peserta mengkalkulasi bahwa untuk pembuatan 1 robot diperlukan kira-kira dana Rp.150.000 dan ini ditanggung oleh siswa peserta lomba dan ke semua peserta/pembuatan robot yang mengikuti lomba dapat subsidi dari sekolah.

Dari hasil lomba tersebut keluar sebagai juara pertama Soccer Robot diraih kelompok 2 dan kelompok 4 . Kelompok 2 : (Lambang, Azriel, Anggi, Faturochim, Abrial), Kelompok 4: (Krestiyan, Aji, Divando, Dinda, Sasa). Sedangkan juara ke dua diraih : kelompok 1 dan kelompok 5. Kelompok 1: (Faisal, Rendi Adam, Putri, Riski, Andriansyah), Kelompok 5 : (Ferdiansyah, Sholeh, Gylbran, Zamzam, Ivena). Robot Sumo kelas XII TAV, keluar sebagai pemenangnya adalah kelompok 4 terdiri dari Heriyanto, ,Machfudd, Dhivanto, Andhika dan Kevin.

Kegiatan lomba dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74 juga melibatkan peran aktif seluruh pengurus OSIS SMK KAL-1, hasil lomba yang telah dilaksanakan selama dua hari adalah sebagai berikut : Juara Lomba Futsal antar Kompetensi/keahlian. Keluar sebagai juara pertama futsal dari XII TKR ( Teknik Kendaraan Ringan), Juara ke dua XI TPM, Juara ke tiga X TITL. Hasil lomba story telling, keluar sebagai juara1, dan 2 masing-masing Ni Putu Aliyah Salsabela kelas XI TAV dan Ni Putu Anggun kelas XII TAV, Lomba mincing hanya juara 1 saja atas nama M. Hendri kelas XI TITL. Lomba karaoke , juara 1 Yusuf Eko kelas XII TPM – B serta lomba sepeda motor modif keluar sebagai juara 1 M. Iqbal Maulana kelas X TKR–C. ***

Kategori:GoNews Group, Umum

Loading...
wwwwww