Home  /  Berita  /  GoNews Group

Sejarah Permainan Panjat Pinang yang Penuh Filosofi dan Kontroversi

Sejarah Permainan Panjat Pinang yang Penuh Filosofi dan Kontroversi
Ilustrasi. (Istimewa)
Jum'at, 16 Agustus 2019 05:12 WIB
JAKARTA - Tahu kah kamu permainan panjat pinang? Permainan seru satu ini seolah gak bisa dilepaskan dari keseruan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia.

Di sejumlah daerah, permainan ini masih terus dimainkan dalam perayaan 17 Agustusan. Tak banyak yang tahu ternyata permainan ini sempat menimbulkan kontroversi. Bukan hanya itu, permainan ini juga punya sejarah sendiri loh di tanah air.

1. Punya sejarah di Indonesia

Lomba panjat pinang nyatanya sudah ada dari zaman penjajahan Belanda. Permainan ini semula dimainkan ketika orang Belanda mengadakan acara besar seperti hajatan atau pernikahan.

Dilansir dari buku Indonesia Poenja Tjerita, meski dimainkan saat acara orang Belanda, namun yang memainkan permainan ini sejak dulu tetap pribumi.

Sejumlah hadiah menarik digantungkan di atas pinang untuk diperebutkan. Nah, ternyata dulu hadiahnya berupa barang-barang dan makanan loh, seperti beras, gula, roti atau terkadang pakaian.

2. Sempat menimbulkan kontroversi

Dimainkan hingga saat ini, panjat pinang sempat menimbulkan kontroversi. Pihak-pihak yang kritis menilai permainan ini bukannya membakar semangat kemerdekaan tetapi seolah membuka kembali jiwa perbudakan akibat penjajahan.

Namun, ada juga pihak-pihak yang menganggap itu bukan menjadi masalah dan mendukung panjat pinang tetap dilombakan. Panjat pinang dianggap menjadi salah satu permainan dengan kisah sejarah untuk Indonesia.

3. Punya sisi edukatif lho ternyata

Sejarah Permainan Panjat Pinang, Penuh Filosofi dan KontroversiANTARA FOTO/Rahmad
Di balik kontroversi yang tercipta, ada beberapa pihak yang dapat melihat sisi positif dari permainan panjat pinang.

Permainan panjat pinang mengajarkan pemainnya tentang kerja sama dan kerja keras. Selain itu sikap pantang menyerah juga tercermin dari permainan ini. Wah, selain seru ada nilai positifnya juga ternyata.

4. Bagaimana cara bermain panjat pinang?

Sebatang pohon pinang yang lurus, tinggi, dan dilumuri dengan pelumas akan ditancapkan di tanah oleh penyelenggara lomba. Pada puncak pohon pinang digantungkan beberapa hadiah menarik untuk diperebutkan.

Para pemanjat akan berusaha untuk meraih hadiah-hadiah yang tersedia. Seperti bisa dibayangkan, permainan ini tidak akan mudah. Pemanjat bisa saja terjatuh dan tergelincir menimpa pemain yang ada di bawahnya.

Atau pemain yang di bawah bisa saja menarik celana pemanjat yang di atasnya untuk tetap bertahan. Bayangkan kalau pemain yang di bawah malah terpelosot ke bawah. Seru banget ya!.***

Editor:Muslikhin Effendy
Sumber:IDNTimes
Kategori:GoNews Group, Umum, Peristiwa, Pemerintahan
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77