Loading...

Pukul 05.45, Tamu Undangan Sidang Tahunan MPR Mulai 'Banjiri' Nusantara III

Pukul 05.45, Tamu Undangan Sidang Tahunan MPR Mulai Banjiri Nusantara III
Suasana jelang Sidang Tahunan MPR RI. (GoNews.co)
Jum'at, 16 Agustus 2019 06:02 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Meski acara Sidang Tahunan MPR baru akan dimulai pada pukul 06.30 WIB, sejumlah tamu undangan sudah 'membanjiri' Kompleks Parlemen, Senayan, Jumat (16/8/2019) dinihari.

Dari pantauan GoNews.co, ratusan tamu undangan sudah memadati ruangan di Gedung Nusantara III. Dari mulai yang mengenakan setelan jas, batik dan seragam masing-masing lembaga.

Penjagaan juga terlihat mulai diperketat mulai dari pintu masuk Jalan Gatot Soebroto dan pintu masuk bagian belakang, tepatnya di Jalan Gelora, juga terlihat ratusan personel Polri dan TNI. Sementara di Gedung Kura-kura, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) juga sudah memperketat pengamanan.

Diberitakan sebelumnya, persiapan Sidang Tahunan MPR pada 16 Agustus 2019 yang digelar di Gedung Nusantara, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, dilakukan mulai Pukul 06.30 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Hal ini diungkapkan Kabiro Humas Sekretariat Jenderal MPR Siti Fauziah, dalam siaran persnya, Jumat dinihari. "Kali pertama, kita melakukan pengecekan kembali Ruang Tunggu Utama Gedung Nusantara (lobby dan lantai atas), Tenda VIP lantai atas, dan sarana prasarana Sidang lainnya," ujarnya.

Dijelaskannya, penerimaan anggota dan tamu undangan itu dibagi tiga, yakni penerimaan, penyaluran dan penempatan Anggota MPR serta tamu/undangan ke tempat duduk yang telah ditentukan di Ruang Sidang Paripurna; Penerimaan dan penempatan Pimpinan MPR, Ketua DPR, Ketua DPD, Ketua Lembaga Negara lainnya (BPK, MA, MK, KY) di Ruang Tunggu Utama Lantai Dasar; Penerimaan para Wakil Ketua DPR, para Wakil Ketua DPD, dan para istri Wakil Ketua MPR menuju tenda VIP di lantai 3 Gedung Nusantara.

"Sedang para istri Wakil Ketua DPR dan Wakil Ketua DPD langsung diarahkan menuju tempat duduk di Blok B," paparnya.

Pada Pukul 07.55, Ketua MPR dan para Wakil Ketua MPR, didampingi Sesjen MPR menuju pintu utama Gedung Nusantara bersiap menyambut kedatangan Wakil Presiden RI beserta Ibu Hj.Mufida Jusuf Kalla. Tepat Pukul 07.57, Wakil Presiden RI beserta Ibu Hj.Mufida Jusuf Kalla tiba di tangga depan Gedung Nusantara disambut Ketua MPR didampingi Sesjen MPR dan Karosetpim MPR, kemudian di pintu utama Gedung Nusantara disambut para Wakil Ketua MPR, selanjutnya menuju Ruang Tunggu Utama lantai dasar.

Selanjutnya, pada Pukul 08.02, dilakukan persiapan penyambutan kedatangan Presiden beserta Ibu Hj.Iriana Joko Widodo. “Formasi penyambut tetap sama, yakni Ketua MPR dan para Wakil Ketua MPR didampingi Sesjen MPR”, ujarnya. 

Tiga menit kemudian atau tepat pukul 08.05, sesuai jadwal yang ada, Presiden beserta Ibu Hj.Iriana Joko Widodo tiba di tangga depan Gedung Nusantara disambut Ketua MPR didampingi Sesjen MPR dan Karosetpim MPR, kemudian di pintu utama Gedung Nusantara disambut para Wakil Ketua MPR, selanjutnya menuju Ruang Tunggu Utama lantai dasar.

Saat jam menunjukan Pukul 08.10, para Wakil Ketua MPR dan Ketua Lembaga Negara meninggalkan Ruang Tunggu Utama untuk menuju tangga masuk ruang Sidang Paripurna.

"Setelah tiba di Lantai III, di tangga masuk Ruang Sidang Paripurna, para Wakil Ketua MPR dan Ketua BPK, MA, MK, KY melakukan foto Bersama.

Setelah para Wakil Ketua MPR dan Ketua BPK, MA, dan KY memasuki Ruang Sidang Paripurna, selanjutnya Ibu Hj.Iriana Joko Widodo, Ibu Hj.Mufida Jusuf Kalla, Ibu Soraya Zulkifli Hasan, Ibu Lenny Bambang Soesatyo, dan Ibu Serviati Oesman Sapta meninggalkan Ruang Tunggu Utama, menuju tangga masuk Ruang Sidang Paripurna untuk persiapan Foto Bersama. “Ini dilakukan pada Pukul 08.15”, ujar Siti Fauziah.

Selanjutnya, kesiapan petugas dan Paspampres meningkat saat jam menunjukan Pukul 08.20 karena Presiden, Wakil Presiden, Ketua MPR, Ketua DPR, Ketua DPD meninggalkan Ruang Tunggu Utama menuju Ruang Sidang Paripurna. Dan tepat pukul 08.30 Sidang Tahunan MPR dimulai dengan diawali menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Tepat pukul 08.37, Ketua MPR membuka Sidang Tahunan MPR 2019. Selama 15 menit Ketua MPR memberi pengantar dan pidato. Tepat pukul 08.52, Presiden menuju mimbar dan menyampaikan pidato laporan kinerja lembaga negara. "Presiden menyampaikan pidato kurang lebih selama 43 menit”, ujarnya.***


Loading...
www www