Loading...
Home >  Berita >  Agam

LAPAK AGAM Ala Disduk Capil Segera Layani Pengurusan Rekam E - KTP bagi Warga Agam Bagian Timur

LAPAK AGAM Ala Disduk Capil Segera Layani Pengurusan Rekam E - KTP bagi Warga Agam Bagian Timur
LAPAK AGAM Ala Disduk Capil Kabupaten Agam segera layani pengurusan Rekam E - KTPdan Adminduk bagi warga Agam bagian timur.
Rabu, 14 Agustus 2019 21:49 WIB
Penulis: Jontra
AGAM - Terobosan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Agam yang telah menerapkan beberapa inovasi cerdas dalam memberikan kemudahan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) pada masyarakat mendapat respon positif dari warga setempat.

Hal itu terbukti dengan banyaknya input positif dari warga yang dituangkan dalam kuisioner Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang diisi oleh setiap warga yang datang ke kantor ini, ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Agam, Misran, M.Pd, Rabu 14 Agustus 2019.

Tidak hanya itu, inovasi dan terobosan yang terangkum dalam Layanan Prima Administrasi Kependudukan yang Akurat Gratis Adil dan Menyenangkan (LAPAK AGAM) dan telah diterapkan selama beberapa bulan ini juga menjadi indikator untuk memudahkan warga khususnya di Kabupaten Agam dalam pengurusan administrasi kependudukan, ucapnya.

Dikatakan juga oleh Misran, adapun inovasi-inovesi cerdas itu seperti, one day service (seluruh layanan dokumen kependudukan satu hari selesai), kemudian jemput bola (pelayanan keliling ke nagari, kecamatan, sekolah dan isbat terpadu), lalu SMS gateway (layanan SMS informasi dan persyaratan administrasi dukcapil, informasi dukcapil ada digenggaman anda), ucapnya lagi.

Kemudian, juga ada inovasi UDA (Urus satu dapat dua) yang bisa ditunggu dan tentunya gratis alias tidak dipungut bayaran. Serta penyampaian informasi lewat videotron yang ada, sebutnya.

"Intinya, bagaimana kita membangun kesadaran masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukannya, sadar aparatur petugas Dukcapil melayani, mempermudah, mempercepat dan mengratiskan layanan adminduk, serta sadar pemerintah untuk menganggarkan pengadaannya melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Agam,"terangnya.

Selain itu, jika tidak ada halangan, setelah anggaran perubahan diketuk palu akhir 2019 ini, kita juga akan menyiapkan mesin rekam data Elektronik KTP dan pengurusan Administrasi Kependudukan di kantor Pelayanan Terpadu Belakang Balok, Bukittinggi. Tujuannya, agar warga Agam yang berdomisili di wilayah Agam bagian timur juga tidak perlu jauh - jauh berurusan ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang berada Lubuk Basung, terutama untuk melakukan pengurusan kelengkapan administrasi kependudukan mereka masing- masing, jelas Misran lagi. (**)


Loading...
www www