Loading...

Ada PSI di DPRD DKI, Pengamat Yakin Anies Bisa Atasi

Ada PSI di DPRD DKI, Pengamat Yakin Anies Bisa Atasi
Pengamat Politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio. (Dok. Hensat)
Selasa, 13 Agustus 2019 12:46 WIB
Penulis: Muhammad Dzulfiqar
JAKARTA - Masuknya 8 kursi PSI di DPRD DKI Jakarta, dinilai Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio bukan menjadi tantangan serius bagi Gubernur DKI, Anies Baswedan.

Pasalnya, masuknya PSI sebagai pendatang baru di DPRD DKI, juga dibarengi dengan terpentalnya Hanura di komposisi anggota dewan DKI.

"Ya lumayan menantang lah ya, tapi saya yakin Anies pasti bisa menangani itu," ujar Hendri dikutip dari Kompas.com, Selasa (13/8/2019).

Kalkulasi Hendri, dengan adanya Gerindra dan PKS di DPRD DKI Jakarta, dukungan politik terhadap kinerja Gubernur Anies Baswedan hampir mencapai 50 persen.

"Jumlah pendukung Anies itu ada 50 kursi dari 106 kursi," ucapnya.

Sebelumya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menetapkan 106 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta terpilih periode 2019-2024 pada Senin (12/8/2019).

106 anggota DPRD yang terpilih itu, berasal dari 10 partai yakni PDI-P, Gerindra, PKS, PAN, Golkar,Demokrat, Nasdem, PKB, PSI, dan PPP.

Untuk menduduki kursi Gubernur DKI Jakarta, pertarungan Anies yang kala itu berpasangan dengan Sandiaga Uno cukup sengit melawan petahana Ahok-Djarot yang kinerjanya diapresiasi banyak pihak.

Tensi politik kala Pilkada DKI 2017 itu, menjadi memori politik tersendiri bagi perjalanan demokrasi Indonesia karena adanya narasi penistaan Agama yang melibatkan Ahok. Salah satu bagian dari squad PSI di DPRD DKI, Idris Ahmad, disebut pernah menjadi staff Ahok saat Ahok menjabat Gubernur DKI.***


Loading...
www www