Home  /  Berita  /  Umum

Wow... Provinsi Riau Sabet 5 Penghargaan Sekaligus di Parade Tari Nusantara TMII

Wow... Provinsi Riau Sabet 5 Penghargaan Sekaligus di Parade Tari Nusantara TMII
Minggu, 11 Agustus 2019 08:57 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Prestasi membanggakan diraih kontingen Provinsi Riau dalam Parade Tari Nunsantara yang diikuti 34 Provinsi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Sabtu (10/8/2019) malam.

Dimana kontingen Riau, berhasil menyabet lima penghargaan sekaligus, dalam ajang bergengsi yang digelar setiap satu tahun sekali itu.

Ketua Tim Rombongan Dinas Pariwisata (Dispar) Riau, Raja Indra, kepada GoNews.co mengatakan, Tim Parade Tari Riau mendapatkan 5 kategori Juara dan Terbaik.

"Alhamdulillah, kita mendapat 5 kategori jura yang pertama adalah Penyaji Terbaik antar wilayah Eksotika Sumatera, yakni Terbaik Se Sumatera," ujarnya, Mingu (11/8/2019).

Yang kedua lanjut dia, adalah kategori Penata Musik Unggulan Terbaik, ketiga sebagai Penyaji Unggulan Terbaik, keempat sebagai Penata Tari Unggulan Terbaik dan terakhir Penata Musik Terbaik.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Riau, Fahmizal Usman saat dihubungi GoNews.co mengatakan, dirinya mengaku bangga, karena tim dari Riau berhasil menduduki peringkat kedua secara nasional.

"Alhamdulillah, semangat dan kerja keras tim, kita berhasil meraih posisi kedua atau runer up setelah Provinsi DKI Jakarta," tandasnya.

"Kita tahun ini membawa tim juara Provinsi yakni Tim Sanggat Binsalo Art dari kabupaten Kuantan Singingi," timpalnya.

Adapun tema yang diusung dalam Parade Tari kali ini kata Fahmizal, adalah 'Surak Rang Kuantan'.

"Jumlah tim kita ada 20 orang yang dikomandoi Epi Martison sebagai koreografer," paparnya.

Tema "Surak Rang Kuantan" kata Fahmizal, adalah salah satu karya seni yang terinspirasi dari kisah nyata Tepian Narosa, sebagai tempat wisata 'Budaya Pacu Jalur'. Dimana pacu jalur adalah salah satu agenda kebudayaan kebanggaan masyarakat Riau dan Kabupaten Kuantan Singingi.

"Tarian ini menampilkan sketsa sketsa, tentang beberapa kebiasaan masyarakat Kuanding di Tepian Narosa tempo dulu dan masa sekarang. Sebelum dijadikan lokasi Pacu jalur, Tepian Narosa ini dulunya hanya sebagai jamban dan tempat mandi," paparnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun GoNews.co, DKI Jakarta sebagai Juara Umum dan Riau sebagai Runner Up Parade Tari Nusantara tahun 2019, akan diundang ke istana negara oleh Presiden guna tampil pada peringatan HUT RI 17 Agustus 2020 mendatang.***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77