Home  /  Berita  /  Peristiwa

Hasil Pemeriksaan, Polisi Sebut 4 Pemuda di Inhu Tak Terbukti Kencingi Bendera Merah Putih

Hasil Pemeriksaan, Polisi Sebut 4 Pemuda di Inhu Tak Terbukti Kencingi Bendera Merah Putih
Minggu, 11 Agustus 2019 18:26 WIB
Penulis: Rizky Ganda Sitinjak
PEKANBARU - Pihak kepolisian bergerak cepat dan mengamankan 4 pemuda yang sempat viral karena diduga mengincingi bendera merah putih.

Tindakan ini dilakukan Polisi karena video yang viral tersebut sempat meresahkan masyarakat.

Menurut Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, kejadian di Jalan Jenderal Sudirman, Desa Candirejo, Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, sejatinya hanya kesalah fahaman.

"Iya benar, kejadiannya pada hari Jumat 9 Agustus 2019 sekitar pukul 23.40 WIB. Ada empat orang pemuda diamankan di Polres Inhu karena vidio yang viral tersebut," ujar Sunarto kepada GoRiau.com, Minggu (11/8/2019).

Sunarto menjelaskan keempat pemuda yang berinisial MA (24), DO (21), FA (22), dan BG (22) ketika diperiksa, tidak terbukti mengencingi bendera merah putih yang tergantung seperti didalam video.

"Jadi si MA ini buang air kecil dibawah bendera merah putih yang dijual menjelang peringatan HUT RI ke 74, kebetulan bendera itu digantung dekat pohon. Air seni MA tidak mengenai bendera. Begitupula dengan DO yang kencing disamping pohon, dimana bendera itu digantung juga tidak mengenai bendera air seninya," terang Sunarto.

Terpisah Kapolres Inhu, AKBP Dasmin Ginting, juga mengatakan hal serupa. Video yang sempat viral tersebut bukanlah untuk mengencingi bendera.

"Hanya saja, kalau dilihat sekilas dari video itu seolah-olah yang bersangkutan sedang mengencingi bendera. Dan hasil pemeriksaan awal, ternyata didapat video lain yang direkam oleh temannya FA (21). Namun dengan angel atau sisi yang berbeda yang menunjukkan hasil video tidak seperti yang sudah viral," kata Dasmin.

Meski demikian, keempat pemuda tersebut kini masih diamankan di Mapolres Inhu, guna penyelidikan lebih lanjut.

Sebelumnya diberitakan, empat pemuda yakni Bambang Oktri Swesta (21), M Fachrobby Subartha (21), Mayanda Sandi Septia Hadi (19) dan Dino Satria Wiratama (17) diperiksa polisi terkait video viral bendera merah putih dikencingi.

"Saat ini keempat pemuda tersebut masih diintrogasi oleh tim," kata Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, Minggu (11/8/2019).

Informasi yang beredar, 2 pemuda yang kencing di dekat Bendera Merah Putih itu adalah, Mayanda dan Dino Satria. 2 pemuda lainnya, yakni Bambang dan Fachrobby, merekam aksi kencing dekat bendera tersebut.

Penyebar dan pengunggah pertama video tersebut di media sosial, ternyata adalah rekan sendiri inisial FA.***

Kategori:Peristiwa, Hukum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/