Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Tuntas, Warga Sungai Puar Palembayan Agam Nikmati Akses Jalan Baru Hasil Giat TMMD 105

Tuntas, Warga Sungai Puar Palembayan Agam Nikmati Akses Jalan Baru Hasil Giat TMMD 105
Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo dan Bupati Agam, Dr. Indra Catri saat penutupan TMMD 105 di Sungai Puar, Palembayan, Agam, Kamis 8 Agustus 2019.
Kamis, 08 Agustus 2019 16:29 WIB
Penulis: Jontra
AGAM - Setelah sebulan penuh dilaksanakan, Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P secara resmi menutup program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -105 tahun 2019, di lapangan Jorong Sungai Puar, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, Kamis 8 Agustus 2019.

Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke - 105 yang dilaksanakan serentak di enam (6) wilayah Kodim jajaran Kodam I/Bukit Barisan, salah satunya adalah Kodim di bawah Korem 032/Wirabraja yaitu Kodim 0304/Agam.

Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan serentak di 50 Kabupaten/Kota di seluruh Nusantara. Kegiatan ini merupakan merupakan wujud pengabdian TNI bersama Kementerian dan Lembaga Negara lainnya, dalam rangka membantu mempercepat pembangunan di daerah dan tercapainya kesejahteraan bagi rakyat terutama mereka yang menghuni daerah terisolir karena minimnya sarana dan prasarana pendukung di kawasan tersebut.

Upacara penutupan ini sekaligus menandai berakhirnya program TMMD ke-105 Tahun 2019 di Kodim 0304/ Agam yang mengangkat tema “Bersama TMMD Membangun untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat".

Panglima Kodam I/Bukit Barisan dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Danrem 032/Wirabraja berharap kepada masyarakat agar senantiasa menjaga dan memelihara hasil pembangunan fisik yang telah dibangun, sehingga dapat bermanfaat dalam kurun waktu yang cukup lama bagi masyarakat, teruslah membangun dan mengembangkan potensi desa masing - masing serta jadikan diri sebagai duta pembangunan yang menyebarkan energi positif bagi lingkungan sekitar kita, untuk mau belajar dan memajukan desa dan wilayah nya, ucap Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo saat membacakan amanat tertulis Pangdam I/Bukit Barisan.

Selanjutnya, kepada para prajurit yang tergabung dalam satgas TMMD/N ke-105, Pangdam I/BB berpesan agar menjadikan momen kegiatan TMMD ini sebagai pelajaran dan pengalaman tentang bagaimana menjadikan diri kita sebagai bagian dari solusi dalam membantu setiap kesulitan rakyat sekaligus sebagai pendorong motivasi bagi rakyat. “Karena TNI lahir dari rakyat dan mengabdi untuk rakyat”.

Program fisik TMMD yang dikerjakan di wilayah Kodim 0304/Agam seluruhnya mencapai target 100 persen dan bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat sekitar antara lain, pembukaan jalan serta pengecoran jalan di IV Nagari Koto sepanjang 2,2 Km sekaligus pemasangan gorong - gorong dan pemasangan batu saluran air, rehab 6 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), rehab kamar mandi dan tempat wudhu untuk satu unit mushalla. Sementara program nonfisik yang dilakukan diantaranya penyuluhan kesehatan, pertanian, hukum, wawasan kebangsaan (Wasbang).

Selanjutnya, Danrem menyampaikan dirinya mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh dari Bupati Agam dan apresiasi kepada seluruh pihak, terutama seluruh masyarakat atas segala dukungannya, Sehingga TMMD/N ke-105 ini dapat berjalan lancar dan mencapai target yang diharapkan.

“Saya mengucapkan terima kasih atas selesainya TMMD ke-105 kepada Pemda Agam berkaitan dengan pembukaan jalan sepanjang 2,2 km, dan berharap kepada masyarakat agar tetap merawat hasil pembangunan yang telah dilaksanakan ini. Kita akan terus bantu membangun sesuai program yang ada di pemerintahan daerah dan kita terus membangun gotong royong yang terus berjalan, karena Indonesia ada dengan gotong royongnya, ucap Danrem.

"Semua kegiatannya terlaksana dengan baik seratus persen sebagai wujud kemanunggalan TNI bersama masyarakat dengan cara gotong-royong dan semoga ke depan bisa lebih baik lagi dan apa yang menjadi harapan kita TNI bersama rakyat semakin kuat," ungkap Dansatgas TMMD/N ke-105, Letkol Inf Victor Andyka, S.I.P, menambahkan.

Upacara penutupan TMMD 105 ini juga dihadiri oleh Bupati Agam, Dr. Indra Catri, Danlantamal II, Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, Danlanud Sutan Sjahrir, Kolonel Pnb Purwanto Adi Nugroho, Dir. Brimobda Sumbar, Kasi Intel Korem 032/Wbr, Kasipers Korem 032/Wbr, Kasiter Korem 032/WBR Kapolres Agam, Forkopimda Provinsi Sumbar, Toga/Tomas Kabupaten Agam dan para tamu undangan lainnya.

Usai pelaksanaan upacara penutupan, Danrem 032/ Wirabraja juga berkesempatan untuk mengecek secara langsung hasil yang telah dicapai oleh satgas TMMD/N ke-105 Kodim 0304/Agam selama satu bulan penuh bekerja gotong royong dengan masyarakat setempat.(**)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77