Home  /  Berita  /  GoNews Group
Turnamen Sepakbola Wanita Piala AFF 2019

Timnas Putri Indonesia Sengaja Berangkat Lebih Awal

Timnas Putri Indonesia Sengaja Berangkat Lebih Awal
Rabu, 07 Agustus 2019 20:17 WIB
Penulis: Azhari Nasution
CHONBURI - Setelah menyelesaikan pemusatan latihan akhir di Bogor, Jawa Barat, Tim Nasional Putri Indonesia langsung bertolak ke Chonburi, Thailand pada Selasa (6/8/2019) pagi. Keberangkatan Timnas Putri ini sepekan lebih awal dari jadwal Turnamen Sepakbola Putri Piala AFF (AFF Women Championship 2019) yang akan bergulir pada 15 Agustus 2019 nanti. 

Keberangkatan tim yang lebih awal memang dilakukan dengan berbagai pertimbangan dan tujuan, terutama menyangkut persiapan tim sebelum dimulainya kompetisi. Pelatih kepala Timnas Putri, Rully Nere menegaskan keberangkatan tim putri untuk memantapkan organisasi tim sebelum menghadapi kompetisi yang sebenarnya.

“Kami sengaja untuk datang lebih awal ke Chonburi, Thailand beberapa hari sebelum kompetisi dimulai, karena ada agenda uji coba terakhir yang akan kami hadapi. Uji coba inilah yang sangat penting karena untuk pertama kalinya, para pemain akan berhadapan dengan pemain asing sebagai lawannya. Di sini taktik dan strategi akan kami lancarkan, begitu pula dengan rotasi pemain” ungkap Rully

Rully menambahkan, beberapa pemain yang memperkuat Timnas Putri untuk ajang AFF Women Championship ini merupakan mereka yang belum pernah berhadapan dengan pemain asing sehingga uji coba perlu dilakukan sebelum kompetisi dimulai. “Beberapa pemain baru pertama kali memperkuat timnas, meski mereka tidak asing dengan dunia sepak bola, namun penyesuaian lawan asing yang akan dihadapi itu sangatlah perlu. Dengan tim putra dan putri di Indonesia sudah pernah dihadapi, sekarang saatnya bertemu pemain dari negara lain, dalam hal ini pemain lokal Thailand tempat kami berada saat ini. Ini penting untuk menambah kepercayaan diri mereka” tutupnya.

Hal senada juga diungkapkan Asisten Pelatih Timnas Putri, Yopie Riwoe. Yopie mengatakan bahwa keberangkatan tim yang lebih awal memang memiliki dampak positif, baik bagi tim maupun individual. “Terkait keberangkatan lebih awal memang karena adanya agenda 2 kali uji coba kontra pemain lokal di sini. Ini penting sekali dan memberikan dampak positif karena menyangkut penyesuaian dan adaptasi para pemain terhadap situasi serta kondisi di Chonburi” tutupnya

Untuk mempersiapkan skuat Timnas Putri, seluruh persiapan pun terus dilakukan. Tak hanya menyangkut taktik dan komposisi pemain, namun tak kalah penting ialah kondisi fisik pemain. Para pemain harus tetap menjaga kondisi fisik mereka agar tetap bugar dan fit pada dua laga uji coba, sebelum akhirnya bertanding pada gelaran AFF Women Championship 2019. Untuk itu, pelatih fisik Timnas Putri, Kartono Pramdhan pun memiliki program selama skuat Garuda Pertiwi berada di Chonburi, Thailand.

“Kedatangan tim yang lebih awal menurut saya baik dan menguntungkan terutama untuk aklimatisasi cuaca di Thailand, sehingga pemain akan mudah beradaptasi dengan cuaca yang jauh lebih panas dari cuaca di Indonesia. Secara persiapan fisik, dalam waktu dekat ini, saya akan melanjutkan latihan fisik yang sudah dilakukan sebelumnya, menyangkut latihan fisik dengan dan tanpa bola, seperti possesion ball dan speed coordination testuntuk pemain. Kebugaran mereka harus selalu dijaga dengan program fisik seperti ini agar sentuhan terhadap bola tidak hilang” ungkap Kartono.

Kartono menambahkan, untuk terus menjaga kebugaran pemain, dirinya pun terus berkoordinasi dengan tim kepelatihan terkait saran dan masukan sebelum menghadapi pertandingan. “Koordinasi dengan pelatih kepala serta tim kepelatihan sangat penting untuk sama-sama menjaga kondisi pemain sehingga mereka selalu fit dan siap tanding. Di dua laga uji coba nanti, saya sarankan kepada pelatih kepala agar merotasi pemain, sehingga fisik terjaga dan terhindar dari cedera” tutupnya

Sebelum menghadapi AFF Women Championship 2019, skuat Garuda Pertiwi akan menghadapi laga uji coba terakhir dengan 2 tim putri lokal Thailand, yakni melawan tim sepak bola putri Chonburi FC dan tim sepak bola putri Universitas  Suan Sunandha, Thailand. Kedua laga uji coba akan digelar masing-masing pada 8 dan 11 Agustus 2019. Kedua uji coba ini menjadi uji coba pamungkas skuat Timnas Putri sebelum menghadapi laga perdana kontra Myanmar pada AFF Women Championship pada 16 Agustus 2019 mendatang.

Jadwal Uji Coba Timnas Putri Indonesia

8 Agustus 2019: Timnas Putri Indonesia vs Chonburi FC Women

11 Agustus 2019: Timnas Putri Indonesia vs Football Women of Suan Sunandha University

Pembagian Grup AFF Women Championship 2019

Grup A : Thailand, Malaysia,  Filipina, Singapora, Timor Leste

Grup B : Myanmar,  Vietnam, Cambodia, Indonesia

Jadwal Fase Grup AFF Women Championship 2019

16 Agustus 2019: Myanmar vs Indonesia

18 Agustus 2019: Indonesia vs Vietnam

20 Agustus 2019: Cambodia vs Indonesia. ***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/