Loading...    
           
Kompetisi Sepakbola Liga 1 2019

Teco Berani Rotasi Pemain Bali United FC

Teco Berani Rotasi Pemain Bali United FC
Selasa, 06 Agustus 2019 19:10 WIB
Penulis: Azhari Nasution
DENPASAR – Dalam beberapa pertandingan awal Kompetisi Sepakbola Liga 1 musim ini, pelatih Bali United FC, Stefano "Teco" Cugurra tidak pernah mengubah formasi dan komposisi pemain. Tetapi semuanya sudah berubah. Teco mulai berani merotasi pemain dengan berbagai alasan.

Yang paling banyak tentu pergantian komposisi pemain yang absen karena sanksi dan larangan bertanding. Dalam empat pertandingan terakhir menghadapi Barito Putera, PSS Sleman, Persib Bandung, dan PSM Makassar misalnya. Rotasi pemain dominan dilakukan Teco untuk lini belakang Serdadu Tridatu.

Yang paling terlihat tentu bagaimana I Made Andhika Wijaya ditepikan oleh Teco dalam tiga pertandingan terakhir. Akhirnya suporter pun mulai “bernyanyi” karena tidak ada pemain lokal Bali yang dimainkan, terutama pada laga terakhir menghadapi Persib Bandung dan PSM Makassar.

Posisi Andhika digantikan Dias Angga Putra terhitung sejak menghadapi PSS Sleman. Pelatih berpaspor Brasil tersebut tidak terlalu memusingkan tentang apa yang dipikirkan oleh suporter karena dia yang lebih tahu bagaimana performa dari 30 pemain asuhannya.

Teco pun memberikan penjelasan mengenai hal ini. "Saya sudah bilang soal ini. Termasuk juga untuk pemain Bali. Saya tidak mau tahu siapapun itu. Mau pemain asing, naturalisasi, atau lokal. Pemain itu harus bisa latihan dengan bagus dan memiliki porsi latihan yang sama," ucapnya, Selasa (6/8/2019).

"Andhika mejadi pemain inti dalam beberapa pertandingan. Kadek juga di Timnas dan pemain bagus. Tapi dia baru bergabung mungkin tiga bulan terakhir. Dia juga baru beberapa hari kembali dari Timnas. Saya pikir, siapa pemain yang bekerja keras dalam latihan, dia pasti mendapatkan kesempatan. Semua pemain tahu itu," tambah ayah satu anak tersebut.

Posisi Andhika digantikan Dias Angga Putra. Namun, Teco enggan membeberkan alasannya mengapa ada pergantian di sisi sayap kanan pertahanan Serdadu Tridatu. "Dalam tiga pertandingan, kami main dengan Dias. Dias juga bermain dan tim bisa menang tiga kali. Dias juga waktu tidak main terus berlatih dan tetap respek kepada Andhika serta pemain lainnya. Saya pikir, ini adalah sistem yang harus fair," tegasnya.

Selain itu, beranikah Teco juga mengistirahatkan pemain asing yang sedang turun performanya? Terlebih saat menghadapi PSM pekan lalu, Serdadu Tridatu tidak diperkuat dua legiun asing dan berhasil memenangkan pertandingan.

Saat menghadapi Semen Padang pekan depan, bisa juga Teco memainkan kembali dua bek lokal tanpa Pacheco. Duet Leonard Tupamahu dan Gunawan Dwi Cahyo tampil apik dalam dua pertandingan terakhir. Gawang Wawan Hendrawan juga masih perawan saat menghadapi Persib Bandung dan PSM Makassar.

"Semua tergantung di latihan. Saya tidak mau berpikir pemain itu adalah pemain lokal, asing, atau naturalisasi. Semua harus bisa menunjukkan kerja keras di latihan dan bisa main bagus. Tentu yang main bagus akan mendapatkan kesempatan," tutupnya. ***


Loading...
wwwwww