Home  /  Berita  /  GoNews Group

Pasca Pertemuan DPR RI-Kongres AS, Kopassus Diharap Bisa Berlatih lagi di Amrik

Pasca Pertemuan DPR RI-Kongres AS, Kopassus Diharap Bisa Berlatih lagi di Amrik
Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Hanafi Rais (mengenakan batik, tengah) saat menerima kunjungan delegasi House Democratic Partnership (HDP) Kongres Amerika Serikat (Foto: DPR/Geraldi/mr)
Jum'at, 02 Agustus 2019 14:30 WIB
Penulis: Muhammad Dzulfiqar
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Hanafi Rais mengungkapkan, pihak Amerika Serikat (AS) telah menyatakan kesediaannya untuk membahas embargo terhadap Indonesia yang sempat berlangsung agar Komando Pasukan Khusus (Kopasus) TNI AD, bisa kembali berlatih di negeri Paman Sam.

“Mereka (Kongres AS) bersedia untuk menyelesaikan sepenuhnya, atau menuntaskan permasalahan tersebut. Memang kerja samanya sudah meningkat menjadi sebuah strategic partnership antara Indonesia-Amerika Serikat, tetapi dari sisi kongres masih belum disesuaikan. Sehingga mereka punya kesediaan untuk membereskan hal tersebut,” ungkap Hanafi di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (1/8/2019) kemarin.

Hanafi mengakui soal pelatihan ini bukan permasalahan yang cukup besar, namun ini cukup menghambat kerjasama Indonesia-AS yang sudah meningkat ke level strategic cooperation.

“Sebaiknya tidak ada lagi masalah. Seperti misalnya Kopasus yang tidak bisa melakukan training di Amerika, karena itu kan sudah masa lalu. Dengan terbukanya strategic cooperation, masalah itu harusnya sudah tidak ada lagi di Kongres (AS),” katanya.

Turut hadiri dalam pertemuan itu, Anggota Komisi I DPR RI, Lena Maryana, Evita Nursanty, Junico BP Siahaan, dan Jerry Sambuaga. Sementara delegasi House Democratic Partnership (HDP) Kongres Amerika Serikat dipimpin oleh Anggota Kongres AS, David Price.

Pertemuan ini merupakan bagian dari program kerjasama antara parlemen Indonesia-AS untuk meningkatkan kinerja dan kualitas parlemen, baik dalam bidang legislasi, pengawasan, maupun anggaran.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/