TK Islam Al Azhar Kemandoran Tumbuhkan Budaya Baca Lewat Gernas Baku

TK Islam Al Azhar Kemandoran Tumbuhkan Budaya Baca Lewat Gernas Baku
Kamis, 01 Agustus 2019 19:44 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - KB/TK Islam Al Azhar 5 Kemandoran melaksanakan kegiatan Gernas Baku “Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku”, Kamis, 1 Agustus 2019. Gerakan ini  merupakan gerakan nasional, kolaborasi antara Pemerintah dan penggiat Pendidikan Anak Usia Dini, Perguruan Tinggi, dan dunia usaha dalam rangka meningkatkan partisipasi keluarga dan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menumbuhkan budaya membaca.

Kegiatan ini sangat perlu karena ayah bunda sangat penting dalam menumbuhkan minat baca pada anak. Kontribusi Ayah dan Bunda membacakan buku adalah sebuah kebutuhan dalam pengasuhan, karena banyak orang yang sukses diawali dengan kecintannya akan membaca.

Kegiatan dimulai dengan penyambutan anak beserta orang tua dipintu masuk oleh Bu Guru. Dilanjutkan dengan ikrar dan acara dibuka oleh Ibu Kepala Sekolah KB/TK Islam Al Azahr 5 Kemandoran, Ibu Hj. Musani, S.Pd yang mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi sangat penting karena mengingat kontribusi orang tua yang sangat penting dalam menumbuhkan minat baca sehingga rasa ingin tahu anak akan bertambah, kosa kata dan kemampuan mengungkapkan ide juga akan meningkat. Tak lupa ucapan terima kasih yang sangat banyak kepada para orang tua yang begitu antusias datang untuk mensukseskan acara Gernas Baku ini. Diharapkan kegiatan membaca buku ini akan terus berlanjut dirumah masing-masing sehingga anak akan mencintai buku dan menjadikan membaca sebagai kebiasaaan.

Setelah pembukaan acara, anak dan orang tua menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Al Azhar dan Mars Pendidikan Keluarga. Dilanjutkan dengan melakukan Gerak dan Lagu Gernas Baku secara bersama-sama yang dipimpin oleh Bu Eja dan Bu Shiha.

Gernas Baku dilaksanakan selama 30 menit, terlihat ayah-bunda begitu semangat membacakan isi buku kepada anaknya. Setelah mendengarkan ayah-bunda bercerita sang anak diminta menceritakan kembali apa yang sudah didengar kemudian ayah-bunda siap menuliskan cerita anak dikertas yang sudah disiapkan bu guru. Apa yang sudah ditulis nanti akan disambung-sambung menjadi catepillar

Acara dilanjutkan dengan dongeng dari LAZ dan pengumuman pemenang peserta terbaik Gernas Baku 2019. ***

Kategori : GoNews Group, Pendidikan

Loading...
www www