Loading...    
           
Turnamen Sepakbola Piala AFF U 15 2019

Indonesia Imbang Lawan Timor Leste

Indonesia Imbang Lawan Timor Leste
Kamis, 01 Agustus 2019 23:10 WIB
Penulis: Azhari Nasution
CHONBURI - Tim nasional Indonesia U-15 ditahan imbang Timor Leste pada lanjutan Piala AFF U-15 2019 di IPE Stadium, Chonburi, Thailand, Rabu (31/7/2019). Hasil ini tidak memengaruhi klasemen sementara Grup A dan masih menjaga asa Indonesia untuk lolos ke babak selanjutnya Piala AFF U-15.

Di babak pertama, Indonesia sebenarnya memiliki banyak peluang salah satunya lewat sepakan Muhamad Valeron yang membentur tiang gawang dan tendangan keras jarak jauh Dimas Juliono yang bisa ditepis kiper Timor Leste. Namun hingga babak pertama selesai, skor kacamata tetap bertahan.

Pada babak kedua, Indonesia kembali menjadi tim yang sering mengambil inisiatif serangan. Sementara Timor Leste hanya mengandalkan serangan balik dan bertumpu pada kemampuan striker yang juga kapten mereka, Gally Freitas.

Indonesia unggul terlebih dahulu lewat sontekan Marselino Fredinan pada menit 45. Memanfaatkan bola tidak sempurna hasil sepakan Wahyu, Marselino menyontek bola masuk ke dalam gawang.

Keunggulan Indonesia hanya berlangsung 10 menit. Pada menit 45. Gali Freitas membawa Timor Leste menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat sundulannya.

Pada menit 59, Indonesia sebetulnya memiliki kesempatan unggul kembali lewat sepakan penalti. Namun sayang M. Faizal tidak mampu mengkonversinya menjadi gol. Skor 1-1 bertahan hingga akhir pertandingan.

Pelatih Timnas U-15, Bima Sakti, mengatakan, tetap menghargai usaha dan kerja keras anak-anak asuhnya. Bima menyebut akan langsung membawa anak-anaknya fokus menatap pertandingan selanjutnya kontra Filipina. 

"Hari ini kita seri. Kita harus belajar dari hasil ini. Walaupun kita punya peluang untuk menang tapi saya menghargai semangat juang para pemain. Kami kembali besok berlatih untuk memperbaiki kekurangan dan bersiap menghadapi pertandingan selanjutnya melawan Filipina," kata Bima.

Menurut Bima, Timnas U-15 bisa saja akan melakukan beberapa rotasi karena sebagian pemain lelah dan bermain full. "Tapi siapa pun yang dipasang, harus maksimal," kata Bima.

Bima juga telah menekankan kepada para pemainnya bahwa tidak ada pemain bintang di timnya. "Kita kuat karena tim. Tadi sampaikan, kerja kerasnya anak-anak sudah bagus, tapi jika ada pemain masuk dari bangku cadangan, mereka juga harus berjuang," tutur mantan kapten Timnas Indonesia tersebut.

"Setiap pemain harus siap, termasuk pemain pengganti. Mereka harus kuat karena memiliki tenaga baru dan tampil membantu tim. Semoga anak-anak bisa mengambilnya dan menerapkannya di setiap penampilan. Ini bisa jadi bekal prinsip mereka juga di masa depan," tutup Bima.

Gelandang Timnas U-15, Dimas Juliono, mengatakan, timnya wajib bangkit untuk mengamankan tiket semifinal. "Kita tadi tampil lebih baik dari Timor Leste. Kita lebih kompak. Tapi sayang, hasilnya belum berpihak pada kita," kata Dimas.

"Agak kecewa memang, tapi kita nggak boleh meratapinya. Kita harus segera bangkit. Semoga bisa lebih baik lagi pada pertandingan selanjutnya," kata Dimas. ***


Loading...
wwwwww