Home  /  Berita  /  GoNews Group

Tipu Warga hingga Puluhan Juta, Pecatan Polisi yang Ngaku Anggota BIN Dibekuk Petugas Kodim

Tipu Warga hingga Puluhan Juta, Pecatan Polisi yang Ngaku Anggota BIN Dibekuk Petugas Kodim
Minggu, 28 Juli 2019 15:49 WIB
SIDOARJO - Dua anggota Badan Intelijen Negara ( BIN) gadungan diamankan Polresta Sidoarjo dan Kodim 0816 Sidoarjo. Keduanya telah melakukan penipuan bermodus rekrutmen anggota BIN dan ASN.

"Hingga saat ini yang menjadi korbannya sudah ada 42 TKP, baik itu di Sidoarjo maupun di wilayah lainnya. Salah satu dari pelaku adalah pecatan anggota Polri pangkat terakhir Bripka dan mengaku berpangkat Inspektur Jenderal (Irjen), serta memiliki pistol revolver air soft gun,” kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho Sabtu (27/7/2019).

Kedua pelaku adalah Sunarto (43), warga Desa Sugihwaras Kecamatan Candi dan pecatan anggota Polri, mam Dhofir alias Bambang Supeno (54), warga Jalan Bhayangkara Kelurahan Rajabasa Raya, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Bandar Lampung.

Sunarto, sebenarnya juga korban. Dia direkrut oleh Bambang Supeno yang mengaku anggota BIN dengan membayar Rp 11 juta. Lalu Sunarto dibekali surat tugas palsu oleh Bambang, guna mencari korban yang mau dibujuk olehnya untuk berminat menjadi anggota BIN dan ASN di Pemkab.

“Rata-rata korban oleh tersangka dimintai setor uang sekitar Rp 25 juta sampai dengan Rp 45 juta,” tambah lulusan Akpol 1997 ini.

Beberapa barang bukti yang diamankan polisi dari Bambang, selain tanda pengenal BIN palsu, juga kartu pemegang senjata api, pistol revolver air soft gun, KTP, surat tugas, dan tanda pengenal BIM atas nama Samsul Bahri.

Kedua pelaku kini diamakan di Mapolresta Sidoarjo untuk diperiksa lebih lanjut. Keduanya dijerat pasal penipuan dan atau penggelapan sebagaimana dimaksud Pasal 378 KUHP dan atau 372 KUHP.***

Editor:Muslikhin Effendy
Sumber:beritajatim.com
Kategori:GoNews Group, Peristiwa, Hukum, Pemerintahan
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/