Loading...

Raih Juara Provinsi, Perpustakaan Nagari Kota Baru Wakili Sumbar ke Tingkat Nasional

Raih Juara Provinsi, Perpustakaan Nagari Kota Baru Wakili Sumbar ke Tingkat Nasional
Perpustakaan Nagari Kota Baru raih juara ringkat provinsi dan wakili Sumbar ke tingkat nasional.
Rabu, 24 Juli 2019 19:35 WIB
Penulis: Rio Nasution
PASBAR - Nagari Kota Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), tampil cemerlang mengharumkan nama Pasbar di ajang perlombaan perpustakaan umum (Desa/Kelurahan) tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2019.

Perpustakaan Nagari Kota Baru yang menjadi binaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pasbar tersebut terpilih setelah menyisihkan beberapa kompetitor lainnya dari seluruh kabupaten/kota se-Sumbar dan akan mewakili Sumbar di tingkat nasional.

Wali Nagari Koto Baru, Zulpiyan menyampaikan, cikal bakal perpustakaan nagari ini dimulai dari Pojok Baca Nagari. Melalui program Perpuseru serta disokong oleh dana desa, maka dibuatlah gedung khusus untuk Perpustakaan Nagari yang jam operasionalnya setiap hari kerja karena minat baca warga Koto Baru yang tinggi.

"Terimakasih atas dukungan Pemda Pasbar melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang telah membina kami Nagari Koto Baru, semoga dengan prestasi ini dapat menjadi kebanggaan daerah kita, serta di tingkat nasional nantinya kita dapat mengukir prestasi kembali. Ini adalah kado terindah untuk masyarakat Pasbar, terutama warga Nagari Koto Baru yang kami cintai," kata Zulpiyan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pasbar Sutriarti, menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas predikat juara provinsi yang disabet Perpustakaan Nagari Koto Baru dan akan mewakili Sumbar di tingkat nasional Agustus mendatang.

"Kedepan, dalam rangka transformasi perpustakaan diharapkan seluruh nagari menerapkan perpustakaan berbasis inklusi sosial, sehingga dengan aktifnya perpustakaan nagari dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Perpustakaan bukan saja sebagai tempat meminjam buku, membaca dan mengembalikan buku, akan tetapi perpustakaan bisa dijadikan tempat berkegiatan masyarakat. Seperti perpustakaan Nagari Koto Baru yang sudah menerapkan perpustakaan berbasis inklusi sosial, sehingga bisa jadi pemenang lomba perpustakaan nagari tingkat Provinsi Sumbar dan mewakili Sumbar di tingkat nasional," kata Sutriarti.

"Prestasi ini tidak terlepas dari dukungan Pemkab Pasbar dalam hal ini kerjasama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari."Pungkas buk Kadis yang akrab disapa Buk Titi didampingi Kadis DPMN Pasbar, Etris Dsem.(rio)


Loading...
www www