Home > Berita > Agam

Gandeng Kelurahan dan Nagari, Kodim 0304 Agam Gelar Rakor dan Sosialisasi Pencanangan Desa Bersih Narkoba (Bersinar)

Gandeng Kelurahan dan Nagari, Kodim 0304 Agam Gelar Rakor dan Sosialisasi Pencanangan Desa Bersih Narkoba (Bersinar)
Gandeng Kelurahan dan Nagari, Kodim 0304 Agam gelar Rakor dan Sosialisasi Pencanangan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) di Aula Kodim, Selasa 23 Juli 2019.
Selasa, 23 Juli 2019 17:56 WIB
Penulis: Jontra
BUKITTINGGI - Mewabahnya bahaya narkoba yang sudah mengincar warga Indonesia sampai ke pelosok desa membuat segenap stake holders berpikir keras untuk segera mengantisipasinya. Salah satu bentuk upaya antisipasi itu dimulai dari unsur pemerintahan yang ada di kelurahan atau pun di tingkat nagari/desa. Untuk membentuk program tersebut, Kodim 0304/Agam yang bekerja sama dengan BNN kota Payakumbuh mengadakan penyuluhan dan dengan mencanangkan “Desa Bersih Narkoba (BERSINAR) Tahun 2019” dengan mengundang perangkat kelurahan di Bukittinggi dan nagari di seluruh Kabupaten Agam, yang dilaksanakan di Aula Makodim 0304/Agam, Selasa 23 Juli 2019.

Terkait hal itu, Komandan Kodim 0304/Agam, Letkol Inf Victor Andhyka Tjokro, S.I.P dalam sambutannya pada kegiatan ini mengatakan, bahwa pencanangan desa bebas narkoba ini merupakan program nasional, oleh karena itu Kodim akan terus melakukan koordinasi dengan dinas terkait, terutama Dinas Kesehatan dan Badan Narkotika dalam hal pencegahan. Tentunya kita berharap program desa bebas narkoba ini bisa terwujud sehingga kita bisa menyelamatkan generasi bangsa dari pengaruh bahaya dan Narkoba di masa yang akan datang, jelasnya.

“Mengantisipasi bahaya narkoba dan pencegahan bisa kita optimalkan apabila semua elemen masyarakat peduli terhadap bahaya narkoba, termasuk pengawasan dari orang tua. Karena, pengaruh narkoba pada saat ini sudah sangat mengkhawatirkan, apalagi pada saat ini sasarannya bukan hanya orang dewasa saja, tetapi sudah merambah pada pelajar,” sebut Victor.

Sementara itu, Kepala BNN Kota Payakumbuh AKBP Sarminal, S.H, MH dalam agenda itu juga mengatakan, sangat merespon positif atas kerja sama dan sinergitas yang direalisasikan oleh Kodim 0304/Agam berserta pemerintah kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam untuk memfasilitasi penyuluhan bahaya narkoba dengan menghadirkan Lurah dan Wali Nagari se-Kabupaten-Kota di aula Kodim 0304/Agam ini, dalam program mencanangkan “Desa Bersih Narkoba (BERSINAR) Tahun 2019, guna menyelamatkan generasi dari pengaruh narkoba.

"Yang utama, kita meminta semua pihak memberikan apresiasi dan dukungan untuk menciptakan desa bersih narkoba. Hal ini bertujuan untuk menyelamatkan generasi muda dari bahaya narkoba. Selain itu, kami juga mengimbau kepada masyarakat, khususnya orangtua agar tetap memberikan pengawasan ekstra terhadap tingkah laku anaknya, sehingga tidak terjerumus dan bergaul dengan namanya bahaya narkoba,” cetusnya.

Terpisah, Walinagari Ampang Gadang, Dafriyon S.H, M.H juga mengatakan, upaya menciptakan desa bersih narkoba yang dicanangkan oleh Kodim 0304/Agam ini, akan membuat warga terutama di nagari menyambut gembira. Karena, seperti kita ketahui dari beberapa informasi publik yang bisa kita akses melalui media cetak dan elektronik pada saat ini, banyak bandar narkoba dan pemakai narkoba yang berdomisili di nagari. Tentu saja, hal ini sangat mengkhawatirkan kita bersama, ungkap Dafriyon."Kita berharap dengan program Bersinar yang dibantu oleh Babinsa , Babin Khantibmas dan seluruh perangkat nagari dan masyarakat ini, mampu menekan pertumbuhan wabah narkoba di nagari/desa," tuturnya.

“Secara kelembagaan dan pribadi, tentu saja saya sangat mendukung Program Nasional yang diadakan oleh Kodim 0304/Agam ini. Kita berharap masyarakat mengetahui informasi bahaya narkoba ini secara utuh, agar mereka bisa menjaga keluarganya dari pengaruh narkoba yang dapat menghancurkan masa depan penerus bangsa ini nantinya,” tutup Dafriyon.

Turut hadir dalam kegiatan rakor ini, AKBP Sarminal, S.H, M.H sebagai Narasumber, Kasat Narkoba Polres Bukittinggi AKP Pradipta Putra Pratama, SH, S.Ik, Danramil se jajaran Kodim 0304/Agam, Wali nagari se-kabupaten Agam, utusan Kelurahan se-Kota Bukittinggi beserta undangan yang hadir. (**)


GoSumbar.com Penghuni LP Klas II A Bukittinggi Membludak, Napi Terbanyak dari Kasus Narkoba
GoSumbar.com LAPAK AGAM Ala Disduk Capil Segera Layani Pengurusan Rekam E - KTP bagi Warga Agam Bagian Timur
GoSumbar.com Tuntas, Warga Sungai Puar Palembayan Agam Nikmati Akses Jalan Baru Hasil Giat TMMD 105
GoSumbar.com Ditinggal Pergi, Rumah Warga di Gaduik Agam Ini Ludes Dilalap Api
GoSumbar.com WNA Asal Uganda Ini Dipulangkan ke Negaranya, Setelah 4 Bulan Dikarantina di Imigrasi Agam
GoSumbar.com Pemkab Pasaman Terapkan Open System BPJS Kesehatan untuk Warganya
GoSumbar.com Selama Belasan Hari, Puluhan Pengedar dan Pemakai Narkotika Diamankan Sat Res Narkoba Polres Bukittinggi
GoSumbar.com Tingkatkan Pelayanan Medis, Pasien Cuci Darah akan Dilayani di RSUD Lubuk Sikaping
GoSumbar.com Gerak Cepat, Polisi Ringkus Pelaku Curas yang Resahkan Warga di Kota Bukittinggi dan Agam
GoSumbar.com Waspada! Siang Bolong, Ibu dan Anak Ini Dijambret di Kawasan By Pass Bukittinggi
GoSumbar.com Selama Dua Hari, KPU Bukittinggi Gelar Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu 2019
GoSumbar.com Hari Ini, Danrem 032/Wirabraja Tinjau Pekerjaan TMMD di Sungai Puar Palembayan
GoSumbar.com Permudah Layanan Publik, Sat Reskrim Polres Bukittinggi Luncurkan Layanan sikoperbukit.com
GoSumbar.com Hari Ini, Dandim 0304/Agam Bersama Warga Lakukan Pengecoran Jalan Sungai Puar Palembayan
GoSumbar.com Nevi Zuairina IP: Peran LKS POSDAYA sangat Vital dalam Upaya Penanggulangan Kemiskinan
GoSumbar.com Puluhan Pelajar di Pasaman Ini Disiapkan Menjadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas
GoSumbar.com Penyuluh Agama Islam dari Rao Utara Pasaman Ini Masuk Nominasi Penyuluh Terbaik di Sumbar
GoSumbar.com Kemkominfo Ajak UMKM untuk Go Global dalam Forum Sosialisasi Menembus Era Pasar Digital
wwwwww