Loading...

Permudah Layanan Publik, Sat Reskrim Polres Bukittinggi Luncurkan Layanan sikoperbukit.com

Permudah Layanan Publik, Sat Reskrim Polres Bukittinggi Luncurkan Layanan sikoperbukit.com
Kasat Reskrim Polres Bukittinggi, AKP. Andi Mohammad Akbar Mekuo
Senin, 22 Juli 2019 19:36 WIB
Penulis: Jontra
BUKITTINGGI - Guna mempermudah masyarakat melihat proses penanganan perkara yang yang sedang dikerjakan, Sat Reskrim Polres Bukittinggi meluncurkan website sikoperbukit.com. Melalui website ini warga masyarakat yang tengah berperkara bisa mengakses beragam informasi yang mereka butuhkan terkait dengan proses penanganan perkara hukum di Sat Reskrim Polres Bukittinggi.

"Tentu saja diharapkan dengan kehadiran website ini, masyarakat tidak perlu repot-repot datang ke Mapolres Bukittinggi, hanya untuk menanyakan perkembangan suatu kasus yang tengah ditangani oleh bagian reskrim," ungkap Kasat Reskrim Polres Bukittinggi AKP. Andi.M.A.Mekuo, Senin 22 Juli 2019.

Namun, untuk saat ini, hanya masyarakat yang pernah membuat Laporan Polisi saja yang bisa mengakses website tersebut. Saat masyarakat membuat Laporan Polisi (LP), pelapor akan diberikan user name dan password, dan data itulah yang dipakai untuk login dan masuk ke sikoperbukit.com, ujarnya.

"Mereka yang pernah membuat laporan polisi, dapat memonitor perkembangan kasusnya di sikoperbukit.com dan tidak perlu bolak-balik ke Mapolres. Ini merupakan salah satu bentuk inovasi pelayanan kami kepada masyarakat," ujar Kasat Reskrim lagi.

Selain itu, Sat Reskrim Polres Bukittinggi juga telah membuka ruang konsultasi publik di ruangan Sat Reskrim Polres Bukittinggi. Ruangan ini bertujuan untuk melayani masyarakat yang ingin berkonsultasi masalah hukum, tambahnya.

"Untuk itu, sebelum membuat laporan polisi, kita akan membahas keluhan-keluhan masyarakat yang terkait dengan penanganan perkara itu sendiri maupun perkara yang akan dilaporkan. Kami akan memberikan pencerahan terkait perkara atau permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat, apakah ini ranahnya perdata atau pidana," ujar Andi.

Kasat Reskrim juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak takut datang ke kantor polisi dan memanfaatkan ruang konsultasi publik untuk konsultasi masalah hukum yang tengah mereka hadapi.

"Saat ini, kami telah membuat dua terobosan, yakni sikoper bukit.com kemudian yang kedua itu adalah ruang konsultasi publik," ungkap Andi. Kasat Reskrim berharap terobosan memanfaatkan kecanggihan era teknologi ini mampu memberikan pelayanan yang maksimal terhadap warga masyarakat, terutamabbagi mereka yang tengah berkutat dengan persoalan hukum, pungkasnya.(**)

Kategori : Uncategories

Loading...
www www