Home  /  Berita  /  Politik

Saldo Nasabah Eror, Bank Mandiri Pastikan Bukan karena Penipuan

Saldo Nasabah Eror, Bank Mandiri Pastikan Bukan karena Penipuan
Sabtu, 20 Juli 2019 12:18 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Bank Mandiri akhirnya angkat bicara terkait kerusakan layanan yang mengakibatkan perubahan pada saldo nasabah.

Menurut Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas, kasus tersebut bukan terjadi karena fraud atau penipuan, tapi pada bagian sistem teknologi informasi (IT).

"Terdapat 10 persen kekeliruan jumlah saldo. Ini eror di IT waktu akhir hari di-back-up," katanya di Jakarta, Sabtu (20/7).

Rohan menyebut kerusakan terjadi saat proses tutup buku di akhir hari, yaitu saat data sementara dipindahkan ke server back-up dan server inti justru memproses transaksi di hari sebelumnya.

Mandiri menegaskan bahwa mereka mengetahui seluruh saldo asli nasabah pada dan saat ini sedang memproses pemeriksaan ganda (cek and double check) untuk mengembalikan saldo ke posisi semula.

"Ada saldo yang bertambah dan ada yang berkurang. Ini membuktikan bukan fraud," katanya.

Rohan juga menyebut dana nasabah tidak akan berkurang karena kerusakan pada sistem layanan ini dan akan kembali dalam waktu dua jam ke depan.

Bagi nasabah yang saldonya belum kembali ke posisi semula, atau masih terdampak eror, Mandiri menyarankan untuk menghubungi via email atau call center.

Sebelumnya, dalam cuitan dalam lini masa Twitter pada Sabtu pagi, terdapat nasabah Bank Mandiri yang meminta penjelasan atas berubahnya saldo rekening.

Terdapat nasabah yang mengaku saldo di rekeningnya bertambah secara drastis dan nasabah yang tiba-tiba mendapati saldonya menjadi angka nol.***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/