Loading...
Home >  Berita >  Pasaman

Meriahkan Alek Nagari, Warga Ambacang Anggang Pasaman Ini akan Panen Ikan Larangan di Batang Sumpu

Meriahkan Alek Nagari, Warga Ambacang Anggang Pasaman Ini akan Panen Ikan Larangan di Batang Sumpu
Meriahkan Alek Nagari, Warga Ambacang Anggang Pasaman Ini akan Panen Ikan Larangan di Batang Sumpu, Minggu 14 Juli 2019 mendatang.
Jum'at, 12 Juli 2019 15:08 WIB
Penulis: Ade
PASAMAN - Sebagai rangkaian kegiatan dalam prosesi Alek Nagari, warga Ambacang Anggang akan melakukan panen ikan larangan di Batang Sumpu, Jorong Ambacang Anggang, Nagari Persiapan Aia Manggih Selatan, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, pada Minggu 14 Juli 2019.

Terkait kegiatan ini, Ketua Panitia Pengambilan Ikan Larangan, Yonni Handra mengatakan pada gosumbar, sesuai dengan kesepakatan yang sudah dirembukkan oleh seluruh komponen masyarakat di Ambacang Anggang, prosesi pengambilan ikan larangan, akan dilaksanakan satu hari saja, yaitu di hari Minggu.

Dikatakan juga oleh Yonni, tradisi sejak dahulunya pengambilan ikan larangan di Batang Sumpu, Ambacang Anggang, hanya dilaksanakan, satu hari saja, kata Yonni.

Berkaitan dengan hal dimaksud, momentum pengambilan ikan larangan kali ini, akan dijadikan titik balik. "Bukan hanya mekanisme nya saja, namun yang lebih penting adalah mengembalikan nilai- nilai tradisi budaya dan semangat warga saat proses panen ikan larangan dilaksanakan. Selain itu, panen ini juga menjadi ajang untuk mempererat silaturahmi antar warga. Kita ingin, panen ikan larangan ini, bisa menjadi wadah berkumpulnya seluruh warga disela beragam rutinitas yang dilakukan masing- masing warga dalam kesehariannya di acara "Alek Nagari ini," jelas Yonni.

Disebutkan juga, pada saat pengambilan ikan larangan dimaksud, panitia juga akan menggelar prosesi makan bajamba. Disaat yang sama, juga akan digelar acara hiburan, berupa hiburan kesenian.

"Kita mengimbau seluruh warga masyarakat Ambacang Anggang, baik yang ada dikenagarian dimaksud, maupun yang berdomisili di luar kanagarian, untuk datang dan berpartisipasi memeriahkan Alek Nagari yang kita helat bersama ini, pungkasnya. (ade)

Editor : Jontra
Kategori : Pasaman, Umum, GoNews Group

Loading...
www www