Home  /  Berita  /  GoNews Group

Bupati Sumedang Rampungkan 3 Putaran Pertemuan Bisnis di Osaka Jepang

Bupati Sumedang Rampungkan 3 Putaran Pertemuan Bisnis di Osaka Jepang
Kamis, 27 Juni 2019 10:24 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
Osaka - Kabupaten Sumedang dibawah kepemimpinan Dony Ahmad Munir tengah melakukan terobosan dalam pengembangan bisnis dan investasi daerah melalui kerjasama internasional dengan para pengusaha Jepang di Osaka.

Difasilitasi Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Osaka Jepang, hari ini Dony beserta tim dari Kabupaten Sumedang menghadiri acara Indonesia Jepang Business Forum di Osaka Jepang. Pada kesempatan tersebut dilakukan tiga putaran pertemuan bisnis dengan delegasi dari sektor swasta maupun pemerintah daerah di Jepang.

Yang pertama dengan Mr. Hironori Kanodo, CEO Kadono Educational Group. Kemudian dengan Mr. Shigeru Ando, International Business Coordinator, Okayama International Business Assosiation. Berikutnya dengan Mr. Shinichi Nagano, International Affairs Division, Planning Departement Wakayama Prefectural Government. 

"Tiga putaran pertemuan bisnis kami rampungkan hari ini. Banyak hal yang dibicarakan terkait peluang bisnis dan investasi di Sumedang, baik sektor pertanian, industri manufaktur, pariwisata, teknologi informasi, maupun ketenagakerjaan. Untuk industri manufaktur misalnya, pihak Jepang melalui perusahaan Mitsubishi dan Yanmar yang berbasis di Okayama tertarik untuk berinvestasi," tutur Dony di sela-sela acara Indonesia Japan Business Forum di Osaka Jepang. Rabu (26/6).

Dijelaskan, sektor lain yang mendapatkan perhatian serius dari para pengusaha Jepang adalah sektor ketenagakerjaan. "Saat ini Jepang sangat membutuhkan tenaga kerja terampil bidang kesehatan seperti perawat. Kebutuhannya mencapai ratusan ribu perawat. Sumedang punya Akper yang sekarang berubah menjadi Fakultas Keperawatan UPI. Saya kira itu potensi real yang bisa langsung ditindaklanjuti," ucap Dony.

Sebelumnya Bupati Dony diterima oleh Konsul Jenderal RI di Osaka, Mirza Nurhidayat. "Saya ucapkan terima kasih Pak Bupati Sumedang dapat hadir memenuhi undangan KJRI untuk mengikuti acara Indonesia Jepang Business Forum. Sumedang sangat potensial menjalin kerja sama dengan Jepang," kata Mirza.

Misi bisnis Dony ke Osaka Jepang tersebut didampingi Tim Pemerintah Kabupaten Sumedang, yakni Sekretaris Daerah, Kepala Bapppeda, Kepala Bagian Kerja Sama Setda, serta Ketua Sumedang Invesment Board (SIB).***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/