Home  /  Berita  /  GoNews Group

Sambut Ramadan, Rumah Gadang Raja Pulau Punjung Gelar Tradisi Baliamau

Sambut Ramadan, Rumah Gadang Raja Pulau Punjung Gelar Tradisi Baliamau
Tradisi Baliamau yang digelar Rumah Gadang Raja Pulau Punjung menyambut bulan suci Ramadan.
Senin, 06 Mei 2019 14:59 WIB
Penulis: Eko Pangestu
DHARMASRAYA - Acara silaturami dan tradisi Baliamau menyambut bulan suci Ramadan digelar Rumah Gadang Raja Pulau Punjung, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (5/5/2019).

Dari Rumah Gadang Raja Pulau Punjung itu dilanjutkan berjalan kaki ke tapian Sungai Batang Hari untuk melakukan prosesi tradisi Baliamau.

Kegiatan ini merupakan acara rutin setiap tahun yang digelar oleh Kerajaan Pulau Punjung dan Nagari IV Koto Pulau Punjung yang dihadiri oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang juga Raja Koto Besar, kemudian rara raja dan datuk pengulu ninik mamak yang ada di kaum Raja Pulau Punjung.

Tradisi Baliamau menyambut bulan suci Ramadhan ini merupakan acara yang sudah lama terlupakan karena sudah 42 tahun tidak melaksanakan di Rumah Raja Pulau Punjung.

Pada kesempatan itu, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan, kegiataan ini merupakan silaturami serta Tradisi Baliamau menyambut bulan suci Ramadhan yang digelar Rumah Gadang Raja Pulau Punjung.

"Untuk mengapus kesalahan dan perbuatan selama satu tahun ini, dan kita sebagai pemerintahan sangat mengaspirasi sekali dalam kegiatan ini. Masih kental adat sitiadat. Keluarga besar Tuanku Sakti Pulau Punjung melaksanakan momen yang sangat bagus. Apalagi kita setelah melaksanakan Pemilu tahun 2019," kata Bupati.

Kegiatan ini adalah menyatukan hati semunya bersatu untuk menbangun kabupaten Dharmasraya,Dan kegiatan ini adalah sebagai kegiatan Pariwisata kabupaten Dharmasraya dan akan dijadikan kalender pariwisata tahunan Pemerintah kabupaten Dharmasraya. (ep)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/