Tak Cuma di Sulut, Gempa Juga Guncang Cilacap, Bukittingi, Papua dan Lombok

Tak Cuma di Sulut, Gempa Juga Guncang Cilacap, Bukittingi, Papua dan Lombok
Minggu, 05 Mei 2019 06:29 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkap ada tiga gempa hari ini yang terjadi di Tanah Air.

Gempa pertama terjadi di Kabupaten Deiyai, Papua. Sementara, lindu kedua dan ketiga terjadi Kecamatan Melonguane, Sulawesi Utara, dan Kabupatan Cilacap, Jawa Tengah.

Gempa selanjutnya dilaporkan terjadi di Bukitttingi dan Lombok. Gempa dilaporkan terjadi dalam kurun waktu pukul 00.41 WIB WIB hingga pukul 07.54 WIB.

Meski kekuatan magnitudo di masing-masing wilayah terbilang cukup besar, hingga kini BMKG tidak melaporkan adanya potensi tsunami.

Berikut informasi gempa hari ini yang terjadi di wilayah Indonesia:

Gempa Deiyai, Papua

Gempa pertama terjadi di Kabupaten Deiyai, Papua. Lindu terjadi pada pukul 00.41 WIB dengan magnitudo 5,0. Gempa tak berpotensi tsunami.

Dilaporkan lokasi gempa terjadi di darat atau sekitar 14 Km barat laut Deiyai-Papua. Dengan kedalaman mencapai 10 kilometer.

Ada pun titik koordinat gempa berada di 4,05 Lintang Selatan dan 136,32 Bujur Timur.

Gempa Melonguane, Sulawesi Utara

Kecamatan Melonguane, Sulawesi Utara, wilayah Indonesia kedua yang diguncang gempa bermagnitudo 5,1. Lindu terjadi pukul 05.22 WIB.

Dilansir dari BMKG, koordinat gempa berada di 4,29 Lintang Utara dan 126,79 Bujur Timur.

Sementara, pusat lindu terjadi di darat dengan kedalaman mencapai 11 kilometer. Atau sekitar 4 Km timur laut Melonguane.

Gempa Cilacap, Jawa Tengah

Gempa yang mengguncang Cilacap, Jawa Tengah, terjadi pada pukul 07.54 WIB. Magnitudo gempa berkekuatan 4,4.

Pusat gempa berada di laut 85 KM barat daya Cilacap dengan kedalaman mencapai 20 Kilometer. Sedangkan titik koordinat gempa berada di 8,48 LS dan 108,85 BT. Gempa tak berpotensi tsunami.

Gempa bumi magnitudo 3,1 juga terjadi di Bukittinggi, Sumatera Barat. Gempa ini tak berpotensi menimbulkan tsunami.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) lewat akun Twitter-nya, @InfoBMKG, menginformasikan gempa terjadi pada hari ini, Sabtu (4/5/2019) pukul 21.22 WIB. Pusat gempa berada di laut 25 km barat laut Bukittinggi. "Kedalaman 10 km," cuit BMKG.

Titik koordinat gempa berada di 0,10 LS, 100,28 BT. Gempa tersebut dirasakan dengan skala (MMI) I-II di Bukittinggi dan Payakumbuh. Artinya getaran gempa dirasakan ringan di dalam rumah.

Hingga saat ini belum ada laporan lebih lanjut soal ada-tidaknya korban dan kerusakan akibat gempa.

Gempa selanjuta terjadi di Lombok, Gempa bumi magnitudo 4,3 terjadi di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pusat gempa berada di laut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) lewat akun Twitter-nya menginformasikan gempa terjadi pada hari ini, Sabtu (4/5/2019) pukul 21.20 WIB. Pusat gempa berada di laut 13 km barat daya Lombok Uara.

"Kedalaman 17 km," tulis @InfoBMKG.

Gempa tersebut dirasakan dengan skala III-IV MMI DI Lombok Utara dan Mataram, III MMI di Lombok Barat dan Lombok Tengah.

Hingga saat ini belum diketahui apakah ada korban akibat gempa tersebut. Serta belum diketahui dampak ada tidaknya kerusakan akibat gempa.***

Sumber:Berbagai sumber
Kategori:Peristiwa, Pemerintahan, Sumatera Barat

wwwwww