Home  /  Berita  /  GoNews Group

Bawaslu Dharmasraya Kawal Ketat Pleno Rekapitulasi Surat Suara di PPK hingga Kabupaten

Bawaslu Dharmasraya Kawal Ketat Pleno Rekapitulasi Surat Suara di PPK hingga Kabupaten
Bawaslu Dharmasraya.
Rabu, 01 Mei 2019 22:12 WIB
Penulis: Eko Pangestu
DHARMASRAYA - Bawaslu Kabupaten Dharmasraya melalui masing-masing Panwascam melakukan pengawasan secara intens di setiap PPK dalam melakukan rekapitulasi surat suara.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Dharmasraya, Laila Husni, didampingi Sekretaris Bawaslu Dharmasraya, Redha Akmal, Selasa (30/03/2019) mengatakan, pengawasan ini bertujuan agar pleno tidak terjadi penggelembungan maupun penyusutan perolehan suara.

Hasil rekap tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) merupakan pedoman untuk penghitungan perolehan suara pada sesi berikutnya.

“Satu orang pengawas dari kecamatan kita minta untuk mengawasi proses rekapitulasi suara di tingkat kecamatan," ujar Laila Husni.

Bawaslu membagi secara bergiliran proses pengawasan rekapitulasi suara tersebut terhadap petugas pengawasan di sebelas kecamatan.

“Setiap pleno rekapitulasi suara biasanya berbasis kecamatan. Maka saat jadwal kecamatan yang diplenokan akan disesuaikan Panwas TPS yang berjaga, didampingi Panwas Kecamatan dan aparat kepolisian," terangnya.

Saat mengikuti rapat pleno tingkat kecamatan, setiap pegawas membawa salinan C1, foto C1 plano dan kelengkapan rekap penghitungan di tingkat TPS.

"Data pengawasan kita di TPS senantiasa kita sandingkan dengan rekapitulasi, sehingga fungsi kontrol akan tetap berjalan dengan baik," ujar dia.

Kecamatan yang telah selesai melaksanakan pleno rekapitulasi surat suara dan diikuti oleh kecamatan lainnya.

"Rekapitulasi di tingkat PPK yang pertama kali selesai adalah Kecamatan Asam Jujuhan, Koto Salak, Tiumang, Padang Laweh, Sungai Rumbai, Sitiung, Koto Besar, IX Koto dan Timpeh. Sedangkan yang masih dalam proses adalah Kecamatan Koto Baru dan Pulau Punjung, karena banyaknya jumlah TPS di dua kecamatan tersebut," jelas Laila Husni. (ep)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/