Home  /  Berita  /  GoNews Group

Maju Lewat PKS, Para Istri Kepala Daerah di Sumbar Ini Berpeluang Raih Kursi Perlemen

Maju Lewat PKS, Para Istri Kepala Daerah di Sumbar Ini Berpeluang Raih Kursi Perlemen
Proses penghitungan suara di salah satu TPS di Padang, Sumatera Barat. (Foto: Irwanda/Langkan.id)
Selasa, 30 April 2019 17:27 WIB
PADANG - Nevi Zuairina yang merupakan istri Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, berkemungkinan lolos dan mendapat kursi di Parlemen. Ia maju sebagai calon legislatif DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Barat 2.

Dikutip dari Langkan.id, selain istri gubernur, Harneli Bahar, yang merupakan istri Wali Kota Padang Mahyeldi Ansarullah juga dikabarkan mendapatkan kursi di dewan tingkat provinsi. Harneli yang juga berasal dari kader PKS itu maju sebagai caleg untuk DPRD Sumbar dapil 1.

Berkemungkinan lolosnya para istri kepala daerah pada pemilihan legislatif tahun ini juga dibenarkan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PKS Sumatera Barat, Irsyad Syafar. Meskipun demikian, ia menyebutkan akan tetap menunggu hasil resmi penghitungan suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"(Hitungan internal) rekapitulasi masih berlangsung, (tapi) untuk kedua istri kepala daerah ini memang berkemungkinan berpotensi besar (mendapat kursi). Bahkan mereka memberikan kontribusi suara yang cukup besar untuk partai," ujar Irsyad dihubungi Langkan.id, Selasa (30/4/2019).

Irsyad mengatakan tingginya perolehan suara dari para caleg menunjukkan bentuk kerja nyata semua tim, simpatisan dan relawan yang ada di PKS. Hal ini juga, kata dia, menjadikan suara PKS di tingkat nasional maupun di daerah meningkat drastis.

"Ini tentu nikmat Allah SWT, dan kita wajib cukup bersyukur adanya peningkatan suara PKS di tingkat nasional dan provinsi. Dan kita juga bersyukur banyaknya dukungan dari ulama dan masyarakat yang membuat pencapaian perolehan suara PKS begitu meningkat," kata dia.

Selain istri kepala daerah, Irsyad menyebutkan, perolehan suara para caleg di tingkat Kabupaten dan Kota juga mendapatkan hasil yang maksimal. Hal ini juga menjadi faktor posisi pencapaian suara PKS menjadi lebih baik.

"Alhamdulillah di beberapa tempat memang caleg yang maju ada membawa memperoleh (kursi) sehingga posisi pencapaian lebih baik. Ada yang tidak ada kursi (awalnya) akhirnya mendapatkan kursi, ada yang awalnya kursi kurus sekarang kursi gemuk," katanya.

Sementara itu istri Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Nevi Zuairina, menanggapi santai terkait perolehan suara dan memilih menunggu hasil resmi keputusan KPU. Ia enggan memberikan banyak komentar terkait lolosnya ke Senayan. "Masih tunggu info, ya," katanya.

Meski demikian, Nevi menyebutkan, Pileg kali ini baginya merupakan momen dalam keterwakilan perempuan di parlemen. Ia mengatakan akan bersikukuh memperjuangkan kaum perempuan, khususnya perempuan di Sumatera Barat untuk lebih mendapat tempat yang lebih baik.

"Saya memperjuangkan kaum perempuan di Sumatera Barat agar lebih mendapat pendidikan yang lebih baik, kesejahteraan, dan berperan, ya. Berperan dalam bidang lain yang bisa dikuasai juga oleh kaum perempuan," kata Nevi. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/