Home  /  Berita  /  GoNews Group

TNI AL Gelar Sosialisasi Minyak Pelumas Mesin Kapal

TNI AL Gelar Sosialisasi Minyak Pelumas Mesin Kapal
Jum'at, 26 April 2019 00:09 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Dalam rangka menjaga usia pakai mesin kapal yang berkaitan dengan penggunaan minyak pelumas, TNI Angkatan Laut dalam hal ini Dinas Material Angkatan Laut (Dismatal) bekerja sama dengan PT Pertamina Lubricants, menggelar sosialisasi minyak pelumas mesin.

Sosialisasi dibuka Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Kadismatal) Laksmana Pertama Budi Sulistyo, di Gedung Neptunus, Mabesal, Cilangkap, JakartaTimur, Kamis (25/4).

Kegiatan sosialisasi minyak pelumas ini merupakan Update Product Knowledge & Forecast kebutuhan minyak pelumas Pertamina untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan bagi ABK/pengawak permesinan tentang karakteristik minyak pelumas produksi PT Pertamina Lubricants, sekaligus perkembangan teknologi pelumas dan sistem pelumasan.

Dalam amanatnya Kadismatal antara lain mengatakan, bahwa dengan kemajuan teknologi engineering pada sistem permesinan kapal dan program mandatory penggunaan bahan bakar bio solar (B20), maka perlu diikuti dengan penyempurnaan-penyempurnaan kualitas minyak pelumas. “Hal ini diharapkan dapat memberikan performance produk terbaik bagi mesin, sesuai requirement dari pabrikan”, ujar Kadismatal.

Sosialisasi yang digelar selama satu hari ini, antara lain membahas tentang materi pengetahuan terkait minyak pelumas di antaranya Lube Oil Fundamental, Aplikasi Pelumas dan Sistem Pelumasan, Storage and Handling, serta Troubleshooting.

Kegiatan ini, selain dihadiri para pejabat di lingkungan Mabesal, dihadiri pula perwakilan dari Komando Armada I, Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal), Korps Marinir, serta Fasharkan Jakarta.

“Saya berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan, agar permasalahan tentang pelumas dapat diminimalisir dan semakin banyak personel TNI AL yang mengetahui dan memahami secara benar tentang pelumas dan sistem pelumasan”, ungkap Kadismatal mengakhiri amanatnya. ***

Kategori:GoNews Group, Umum
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77