Home  /  Berita  /  GoNews Group

Peringatan Hari Karrtini di Era Lelaki

Peringatan Hari Karrtini di Era Lelaki
Kamis, 25 April 2019 22:42 WIB
Penulis: Azhari Nasution

SURABAYA - Sekolah Menengah Khusus Angkatan Laut SMK KAL-1 Surabaya memiliki siswa 779 yang kebanyakan siswanya adalah laki-laki, sementara siswa perempuan hanya 31, jadi kurang dari 4% . Namun demikian, mereka tidak ketinggalan untuk mengenang kebesaran perjuangan RA Kartini.

Untuk itulah Kamis, (25/4) siswa SMK KAL-1 yang dimotori pengurus OSIS menggelar upacara Peringatan Hari Kartini meski agak terlambat. Keterlambatan peringatan Hari Kartini kali ini karena kondisi sekolah pada saat ini masih berlangsung Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) bagi siswa kelas XII.

Peserta upacara terdiri dari siswa kelas X semua jurusan dan dua kelas XI karena ada beberapa kelas yang sedang kerja praktek di luar/ PSG. Bertindak selaku Inspektur Upacara Tri Diah Hari, S.Pd yang kesehariannya sebagai guru mata pelajaran PKn, sedangkan komandan upacara siswi Kholidah Qurrota Ayyu Nina kelas X TAV.

Irup saat tiba di mimbar langsung memberi salam kepada seluruh siswanya dan di jawab dengan sangat kompak dengan yel-yel khas SMK KAL-1. Sebelum menyampaikan beberapa pesan di hari Kartini, Guru PKn yang baru untuk pertama kali menjadi Irup di sekolahan ini, langsung memberi penekanan kepada seluruh siswa SMK KAL-1 bahwa peringatan Hari Kartini untuk meneruskan cita-cita luhur R.A Kartini dimana ia ingin melihat perempuan pribumi dapat menuntut ilmu dan belajar seperti sekarang ini.

Gagasan-gagasan baru mengenai emansipasi atau persamaan hak wanita pribumi olah Kartini, dianggap sebagai hal baru yang dapat merubah pandangan masyarakat. Selain itu, tulisan-tulisan Kartini juga berisi tentang makna Ketuhanan, Kebijaksanaan dan Keindahan, peri kemanusiaan dan juga Nasionalisme.

R.A Kartini, beliau lahir pada tanggal 21 April tahun 1879 di Kota Jepara, sebagai pahlawan Nasional khususnya bagi kemajuan Wanita Indonesia sampai saat ini masih tiada taranya. Kita sebagai generasi penerus bangsa sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kepahlawanan tersebut.

Untuk itu, SMK KAL-1 melalui peringatan Hari Kartini tahun 2019 mengadakan terobosan baru berupa lomba fashion dan menghias nasi kuning . Lomba Fashion dan menghias Nasi kuning tersebut dilaksanakan di halaman SMK KAL-1 Kamis,(25/4) se usai upacara peringatan Hari Kartini.

Lomba fashion dan menghias nasi kuning ini tentunya sangat menarik bagi siswa-siwi SMK KAL-1 karena pesertanya kebanyakan adalah siswa laki-laki. seluruh kelas wajib mengikuti lomba Fashion . Yang jadi unik dan menarik tentunya karena 3 penilai terdiri dari Kepala Sekolah sendiri Drs. Burhan ,M.Pd , Alifah Febri Khairina, S.Pd dan Anis Sulistiyaning Budi, S.Pd.

Berhasil keluar sebagai juara merangkai nasi kuning, juara 1 diraih kelas XTPM B, Juara 2 di raih kelas X TITL. Untuk Fashion juara1 Saipul kelas X TPM B dan juara 2 Gagas kelas X TPM A. Sedangkan the best costum , juara 1 Satria kelas X TKR dan juara 2 Alfred dan Ardian dari kelas X TPM A . Dan sebagai The Best Costum Kartini di raih oleh Nova Dwi dari kelas X TAV.

Ketua penyelenggara peringatan Hari Kartini 2019, Ayunda Putri Hapsari kelas X TAV bersama seluruh pengurus OSIS SMK KAL-1 meskioun tanpa persiapan yang matang, namun berhasil menyelenggarakan kegiatan ini dengan baik. Tentu saja keberhasilan ini tidak lepas dari pembinaan dari managemen sekolah.

Sebagai akhir dari rangkaian peringatan Hari Kartini tahun 2019 dilaksanakan foto bersama Kepala Sekolah, Guru , Staf dan siswa di lapangan apel SMK KAL-1  ***

Kategori:GoNews Group, Umum
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77