Koarmada II Terlibat Apel Pergeseran Pasukan Pengaman TPS Pemilu 2019

Koarmada II Terlibat Apel Pergeseran Pasukan Pengaman TPS Pemilu 2019
Senin, 15 April 2019 21:12 WIB
Penulis: Azhari Nasution
SURABAYA - Melibatkan ribuan pasukan dari TNI dan Polri, Pasukan Satgaspam Pemilu 2019 Koarmada II ikut terlibat dalam Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Pemilu 2019 di wilayah Jawa Timur, yang digelar di Mapolda Jawa Timur, Surabaya, Senin (15/4/2019).

Komandan Satuan Kapal Cepat (Dansatkat) Koarmada II Kolonel Laut (P) Eko Wahjono selaku Komandan Satgaspam Pemilu Koarmada II mengatakan jika pelibatan pasukannya ini merupakan bagian dari rencana kegiatan kesiapsiagaan Koarmada II dalam rangka mendukung Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Yakni, membantu Polri dalam pengamanan Pemilu 2019, serta dalam rangka mendukung tugas pokok TNI sebagai alat pertahanan negara sebagaimana diamanatkan dalam UU No.34 Tahun 2004.

Sebanyak 2.500 prajurit tergabung dalam Satgaspam Pemilu Koarmada II yang terdiri dari semua unsur satuan dan dinas di jajaran Koarmada II , serta para prajurit dari Lantamal V dan jajarannya yakni Lanal Batuporon, Lanal Malang, dan Lanal Banyuwangi.

Para prajurit kebanggaan tersebut siap mengamankan jalannya Pemilu 2019 mulai saat hari “H” hingga selesainya proses penghitungan suara di wilayah kerja masing-masing bersinergi dengan jajaran TNI AD, TNI AU, dan Polri.

Sementara itu Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan sebagai Pimpinan Apel mengatakan, pergeseran ini dilakukan sebagai upaya konsolidasi hasil latihan pra operasi serta final checking terhadap kesiapan seluruh kesatuan personel.

"Dari lintas sektoral baik TNI, Pemda dan instansi lainnya. Pengecekan kekuatan personel Polda Jatim dan BKO dari TNI ke satwil jajaran dalam mendukung pengamanan TPS di wilayah Jatim," kata Luki usai memimpin apel. ***


wwwwww