Home  /  Berita  /  GoNews Group

Kadivpas Kemenkum HAM Sumbar Puji Pembinaan Napi di Rutan Sawahlunto

Kadivpas Kemenkum HAM Sumbar Puji Pembinaan Napi di Rutan Sawahlunto
Kadivpas Sumbar Sunar Agus berbincang dengan Kepala Rutan Subhan Malik.
Sabtu, 13 April 2019 16:15 WIB

PADANG - Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) ke Rutan Kelas IIB Sawahlunto, Jumat (12/04/2019).

Kedatangan tim Monev yang dipimpin langsung Kepala Divisi Pemasyarakatan Sumbar, Sunar Agus, ke Rutan Sawahlunto disambut dengan iring-iringan group musik marawis yang dibawakan oleh warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Sawahlunto.

Kadivpas Sumbar Sunar Agus menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pegawai Rutan Sawahlunto, terutama kepada Kepala Rutan Subhan Malik, karena kemajuan program pembinaan kemandirian WBP yang berjalan sangat pesat.

Pembinaan kemandirian itu antara lain, budi daya ikan nila, pembuatan batako, paving blok, pembuatan terali pagar, pembuatan rak besi dan budidaya tanaman hias, seperti anggrek dan palawija.

Selain itu, di Rutan Sawahlunto juga ada program petugas terbaik per bulan yang dinilai berdasarkan kinerjanya.

Sunar Agus menyampaikan, ini program yang sangat inovatif dan kreatif yang dia lihat baru ada di Rutan Sawahlunto. Program ini, katanya, dapat memicu kepada pegawai yang lain untuk mendapatkan penghargaan pegawai terbaik per bulan.

Kepala Rutan Sawahlunto Subhan Malik menyampaikan terima kasih kepada Kadiv Pemasyarakatan karena telah berkenan mengunjungi Rutan Sawahlunto.

Karutan sawahlunto juga menambahkan, dia mendapat dukungan positif dari Pemda Sawahlunto. Bahkan dalam setiap ada event yang dilakukan Pemda, Rutan Sawahlunto selalu dilibatkan.

Karutan menyampaikan, bahwa saat ini pihaknya sudah mulai kewalahan karena banjir orderan dari masyarakat untuk produk meubel produksi WBP Rutan Sawahlunto yang sangat diminati oleh masyarakat.

Ia menambahkan, hasil penjualan karya para WBP itu disimpan di rekening WBP yang bersangkutan.

Menanggapi hal itu, Sunar Agus mengatakan, jika sudah kewalahan dengan order dari masyarakat, agar berkoordinasi dengan Lapas atau Rutan terdekat, seperti Lapas Narkotika Sawahlunto.

Tidak lupa pula dalam kunjungan ini, Kadivpas Sunar Agus melihat dan membaca curhatan "Bang Sipir " hasil pemikiran pegawai Rutan Sawahlunto. Beliau begitu berkesan dengan kata-kata curhatan tersebut.

Di akhir kunjungan, Kadivpas memberikan arahan kepada para pejabat struktural Rutan Sawahlunto. (rls)

Editor:arie rh
Kategori:GoNews Group, Umum, Sumatera Barat, Dharmasraya
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/