Home  /  Berita  /  GoNews Group

Divisi Pemasyarakatan Kemenkum HAM Sumbar Gencarkan Perang Melawan Narkoba

Divisi Pemasyarakatan Kemenkum HAM Sumbar Gencarkan Perang Melawan Narkoba
Penandatanganan MoU dengan BNN dan pelaksanaan tes urine di Lapas Sawahlunto.
Sabtu, 09 Maret 2019 09:40 WIB
PADANG - Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia (Kemenkum HAM) Sumatera Barat (Sumbar) gencar melakukan pemberantasan narkoba di berbagai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan (Rutan) dan Cabang Rutan (Cabrutan) yang ada di Sumbar.

Untuk melakukan pemberantasan narkoba tersebut, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv Pas) Kemenkum HAM Sumbar Agus Sunar mengatakan, pihaknya menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumbar dan BNN Kab/Kota se-Sumbar untuk melakukan tes urine kepada seluruh pegawai Pemasyarakatan dan warga binaan Pemasyarakatan (WBP).

Dalam keterangan pers yang diterima GoSumbar, Sabtu (9/3/2019), Sunar Agus mengatakan, pada Rabu (6/3/2019) telah dilaksanakan MoU dengan BNN Kota Sawahlunto dan langsung ditindaklanjuti dengan tes urine kepada semua pegawai dan WBP di Rutan Sawahlunto. Hasilnya negatif, artinya tidak ada ditemukan pegawai maupun WBP yang terindikasi mengkonsumsi narkoba.

Kemudian pada hari Jumat (8/3/2019) juga dilakukan tes urine kepada seluruh pegawai Pemasyarakat di Padang. Pelaksanaan tes urine ini dilakukan dengan mengandeng pihak BNN Kota Padang.

Sunar Agus menegaskan, tak hanya narkoba, pihaknya juga gencar memberantas masuknya benda-benda terlarang ke Lapas, Rutan dan Cabrutan, seperti handphone dan senjata tajam. Untuk itu ia telah memerintahkan seluruh jajarannya secara rutin dan berkala melakukan razia dan penggeledahan di Lapas, Rutan dan Cabang Rutan.

Divisi Pemasyarakatan Kemkum HAM Sumbar, katanya, kini sedang menerapkan tiga program, yaitu tangguh dalam pengamanan, prima dalam pelayanan, dan produktif dalam kegiatan.

Ciri pengamanan yang tangguh adalah tidak ditemukannya lagi HALINAR (HP, Pungli dan Narkoba). Sunar Agus menargetkan kepada jajarannya, dalam tiga bulan ke depan, sudah tidak ada lagi HALINAR di Lapas, Rutan, maupun Cabag Rutan.

“Kita akan terus perang melawan narkoba. Satgas Kamtib Divisi Pemasyarakatan dan UPT Pemasyarakatan Sumbar secara rutin dan berkelanjutan melakukan razia dan pengeledahan," katanya.

Terkait razia tersebut, ia menjelaskan, di Lapas Sijunjung pada Rabu (6/3/2019) lalu telah dilakukan penggeledahan dan razia Blok Rehab Kamar 3, 7, dan Melati. Kegiatan ini dipimpin Kepala Lapas Sijunjung.

Hasil penggeledahan, ditemukan handphone 10 unit, charger 3 unit, headset 6 unit, sajam 7 unit, sendok besi 22 unit, stop kontak 8 unit, kabel 3 unit, paku 4 unit.

Pada hari yang sama, Rabu (6/3/2019) juga dilakukan penggeledahan kamar dan blok hunian di Cabang Rutan Suliki. Kegiatan ini dipimpin lansung oleh Kepala Cabang Rutan dan hasilnya juga menemukan barang-barang terlarang di Lapas, seperti handphone dan senjata tajam berupa gunting, besi paku. (rls)

Editor:arie rh
Kategori:GoNews Group, Peristiwa, Sumatera Barat, Padang
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/