Home  /  Berita  /  GoNews Group

Cari Inspirasi Jelang Debat Pilpres, Sandiaga Datangi Rumah Bung Hatta di Bukittinggi

Cari Inspirasi Jelang Debat Pilpres, Sandiaga Datangi Rumah Bung Hatta di Bukittinggi
Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno berfoto di rumah kelahiran Bung Hatta di Bukittinggi. (foto: istimewa/JawaPos.com)
Kamis, 07 Maret 2019 10:24 WIB
BUKITTINGGI - Usai menyapa ribuan pendukung di Jam Gadang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno mengunjungi rumah kelahiran Wakil Presiden RI pertama Muhammad Hatta yang berada di jalan Soekarno-Hatta, Kota Bukittinggi, Rabu (6/3/2019).

Dikutip dari JawaPos.com, selain melihat langsung rumah kelahiran proklamator yang dikenal sederhana itu, Mantan Wakil Gubernur DKI yang mengaku sangat mengidolakan Bung Hatta ini juga ingin mendapatkan inspirasi jelang menghadapi debat Pilpres putaran tiga pada (17/3) mendatang.

"Saya ingin dapat inspirasi dari rumah ini. Bung Hatta sangat terkenal kental dengan literasi. Beliau suka membaca dan belajar menghadap ke gunung Marapi," kata di Rumah kelahiran Bung Hatta, Rabu (6/3/2019) seperti dikutip dari JawaPos.com.

Pekan lalu, kenang Sandi, dia mendapatkan pesan dari putri Bung Hatta, yakni Mutia Hatta dan suaminya tentang nilai-nilai leluhur. Dimana, Bung Hatta menyampaikan tentang pasal 33 UUD 1945 sebagai landasan ekonomi Indonesia dan koperasi.

"Pembangunan manusia harus menjadi prioritas. Jadi, infrastruktur boleh dibangun tapi manusianya harus jadi dikedepankan. Karena manusia Indonesia ini yang akan memperkuat daya saing kita," katanya.

Harapan Sandi, di 2030 mendatang, Indonesia bisa masuk nomor 7 ekonomi besar di dunia. Tentunya, SDM menuju capaian tersebut harus disiapkan sejak saat ini.

"Pendidikan harus melibatkan semua pihak, bukan sektor pendidikan semata. Harus menyeluruh. Termasuk keluarga, sekolah dan lingkungannya sekitar. Kita lihat Bung Hatta dibesarkan (di rumah kelahiran)," katanya.

Disamping itu, Sandi berharap, sekitar 63 juta generasi milenial Indonesia dapat mengenali sosok Bung Hatta. Salah satu caranya adalah datang ke Bukittinggi. Jadikan perjuangan Bung Hatta inspirasi dan motivasi. Terutama ilmu di bidang ekonomi koperasi.

"Bung Hatta selalu memberikan tauladan dan memegang teguh karakter kuat. Beliau sederhana, beliau tidak boros. Beliau (Bung Hatta) memnerikan contoh untuk sederhana di Republik ini," tutupnya. (jpc)

Editor:arie rh
Sumber:JawaPos.com
Kategori:GoNews Group, Politik, Sumatera Barat, Bukittinggi
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/