Kasal Tekankan Prajurit Jadi Katalisator Persatuan

Kasal Tekankan Prajurit Jadi Katalisator Persatuan
Kamis, 21 Februari 2019 19:12 WIB
Penulis: Azhari Nasution
PONTIANAK - Sebagai bagian dari komponen pertahanan negara, seluruh Prajurit Lantamal XII Pontianak, ditekankan untuk tetap menjaga soliditas maupun sinergitas antara matra, instansi maupun dengan masyarakat. “Jadikan kehadiran kalian sebagai katalisator persatuan dalam mewujudkan kedaulatan dan keamanan wilayah”

Hal tersebut di tegaskan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, saat meresmikan Markas Komando Pangkalan Utama Angkatan Laut (Mako Lantamal) XII Pontianak di Wajok, Mempawah, Kalimantan Barat, Kamis (21/2).

Acara peresmian diawali dengan laporan oleh Komandan Lantamal XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Gregorius Agung W.D., M.Tr (Han), tentang bangunan Mako Lantamal XII, kemudian dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Kasal, peninjauan gedung dan fasilitas, serta pemotongan pita oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji.

Lebih lanjut dikatakan Kasal dalam amanatnya, momentum penting relokasi dan pembangunan Mako beserta fasilitasnya harus dijadikan sebagai penunjang dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Lantamal. “Selain fungsi dukungan operasi, peran penting Lantamal dalam membina Daerah Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) serta membina potensi maritim, akan sangat berarti guna mendukung poros maritim dunia yang dicanangkan pemerintah”, tegas Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Pembangunan Gedung Mako yang diresmikan saat ini, merupakan relokasi yang sebelumnya berada di daerah Jeruju ke wilayah Wajok. TNI AL pada 2015 telah meningkatkan status Lanal Pontianak menjadi Lantamal XII, berdasarkan Peraturan Panglima TNI Nomor 12 Tahun 2015 dan Peraturan Kepala Staf Angkatan Laut Nomor 3 Tahun 2015 Tanggal 30 Juli 2015 tentang peningkatan Lanal Pontianak menjadi Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XII.

Hadir dalam acara ini para pejabat tinggi TNI AL antara lain, Asrena Kasal Laksda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, S.E., M.M., Aspam Kasal Laksda TNI S. Irawan, S.E., Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han), Kadispenal Laksma TNI Mohamad Zaenal, S.E., M.M., M.Soc.Sc., Kadisfaslanal Laksma TNI Puguh Santoso, S.E., M.M., Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr (Han), para pejabat di jajaran Lantamal XII Pontianak dan Pengurus Jalasenastri Korcab XII (DJAB) Pontianak.

Usai peresmian, Kasal dan rombongan melaksanakan kunjungan kerja ke Markas Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XII Pontianak, di Muara Sungai Kuala, Mempawah dan disambut langsung Komandan Yonmarhanlan XII Pontianak Mayor Marinir Sofian Cahyo Utomo, M.Tr (Opsla). Dalam kunjungan tersebut, selain meninjau langsung sarana dan prasarana yang ada, Kasal juga bersilaturahmi dengan seluruh prajurit Yonmarhanlan.

Yonmarhanlan XII merupakan satuan pelaksana Pasmar-1 yang bertugas membina dan menyiapkan kekuatan serta kemampuan unsur-unsur pertahanan pangkalan dan menyelenggarakan tugas-tugas pengamanan pangkalan yang dalam operasionalnya berada di bawah kendali Komandan Lantamal XII Pontianak. Batalyon ini memiliki posisi strategis, terletak di perbatasan langsung dengan Malaysia sehingga membutuhkan personel yang handal dan tangguh untuk mendukung serta menjamin stabilitas keamanan wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

Keberadaan Mako Lantamal XII beserta fasilitas labuh yang masuk jalur sungai besar, juga ikut berpengaruh dan menjadikan tugas batalyon ini lebih spesifik dalam pengamanan pangkalan Lantamal yang memerlukan kesiapan personel, material, sarana dan prasarana yang memadai.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, di tempat terpisah, Ketua Umum Jalasenastri dan rombongan melakukan kunjungan ke Rumah Dinas (Rumdis) Lantamal XII Jeruju dan dilanjutkan dengan berkunjung ke Rumah Kreasi dan Taman Hydroponik Korcab XII (DJAB) Pontianak. ***


wwwwww