Home  /  Berita  /  GoNews Group

Ketua DPR Minta Perbedaan Pandangan Politik Tak Jadi Perpecahan

Ketua DPR Minta Perbedaan Pandangan Politik Tak Jadi Perpecahan
Jum'at, 08 Februari 2019 18:11 WIB
Penulis: Muhammad Dzulfiqar
JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengajak semua pihak untuk senantiasa menghormati satu sama lain.

Perluas hati dan pikiran untuk selalu membuka ruang dialog. Karena di antara begitu banyak perbedaan, bangsa Indonesia sejak dahulu selalu dipersatukan oleh semangat perasaan senasib dan sepenanggungan.

"Melalui dialog, kita bisa saling menguatkan satu sama lain. Walapun kita tidak bersaudara dalam keimanan, namun kita bersaudara dalam kebangsaan," ujar Bamsoet saat menghadiri Perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di lingkungan Sekretariat Jenderal MPR, DPR, dan DPD RI, di Jakarta, Rabu malam (06/01/19).

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise. Hadir juga sejumlah Duta Besar negara sahabat untuk Indonesia antara lain Duta Besar Norwegia H.E. Mrs. Vegard Kalee, Duta Besar Ethiopia H.E Mr. Admasu Tsegaye, dan Duta Besar Irlandia H.E. Mrs. Olivia Leslie.

Dewan Pakar KAHMI ini mengingatkan, menjelang Pemilu 2019, akan ada saja pihak yang memanfaatkan perbedaan untuk disulut menjadi api permusuhan. Berbeda dalam pilihan politik tidak dilarang, namun hati harus tetap dipersatukan dalam bingkai NKRI.

"Mantan Presiden Abdurrahman Wahid juga pernah mengingatkan bahwa yang lebih penting dari politik adalah kemanusiaan. Jangan sampai kita terprovokasi akibat ulah segelintir orang yang mempolitisasi agama demi ambisi kekuasaan. Karena agama adalah sumber kebajikan, bukan sumber pertikaian," tegas Bamsoet.

Atas dasar itulah, Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini mengajak segenap elemen bangsa memaknai perayaan Natal 2018 maupun hari besar keagamaan lainnya, sebagai momentum untuk kembali ke jati diri sebagai bangsa Indonesia yang majemuk dan berbudaya. Tak hanya itu, Tahun Baru 2019 juga harus dijalankan dengan optimisme yang tinggi, agar masa depan bangsa dan negara tetap cerah, tidak runtuh, apalagi punah.

"Tuhan Yang Maha Esa telah menunjukan cinta kasihnya kepada bangsa Indonesia, sehingga menjadikan negara kita laksana surga. Sudah sepatutnya kita mensyukuri semua berkah dan karunia ini," tutur Bamsoet.

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini menambahkan, salah satu cara bersyukur yang bisa dilakukan antara lain dengan memperkuat rasa solidaritas antar sesama anak bangsa dalam bingkai toleransi. Jangan jadikan perbedaan suku, agama, ras, dan golongan sebagai alat pemecah belah.

"Tidak banyak bangsa dan negara di dunia ini yang bisa mengelola kemajemukan dan kebudayaannya menjadi sebuah kekuatan. Sejarah mencatat, banyak dari negara dunia justru terpecah belah lantaran tak bisa menghadapi benturan antar kemajemukan dan kebudayaannya masing-masing. Ini tidak boleh terjadi di negara kita Indonesia," pungkas Bamsoet.***

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:GoNews Group, Peristiwa, Pemerintahan, Politik
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/