Longsor di Lembah Gumanti, Jalur Padang - Solok Selatan Putus Total

Longsor di Lembah Gumanti, Jalur Padang - Solok Selatan Putus Total
Material longsor menutupi badan jalan di Jorong Kayu Aro, Nagari Air Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Selasa (5/2). Akibatnya jalan utama yang menghubungkan Padang menuju Muara Labuh, Solok Selatan putus total. (foto: WANDI MALIN/harianhaluan.com)
Selasa, 05 Februari 2019 22:13 WIB
AROSUKA - Akibat hujan deras yang mengguyur, longsor kembali menghantam jalur lintas Sumatera di kawasan Jorong Kayu Aro, Nagari Air Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Selasa (5/2/2019) malam. Akibatnya, akses jalan yang menghubungkan Kota Padang dengan Solok Selatan itu terputus total.

Informasi dari masyarakat setempat yang dilansir harianhaluan.com menyebutkan, peristiwa longsor terjadi sekira pukul 20.00 WIB, ketika hujan deras disertai angin kencang melanda daerah itu.

Longsoran tanah disertai pasir setinggi lima meter dengan panjang sekira 7 meter menutup badan jalan utama menuju Solok Selatan, di daerah PM dekat titian panjang Jorong Kayu Aro Nagari Air Dingin.

"Badan jalan tertutup material longsor, belum lagi material tanah lilin yang licin ini membuat kendaraaan tak bisa melintas, termasuk sepeda motor," terang Patrizal, Wali Nagari Air Dingin kepada Haluan melalui pesan Whatsapp-nya.

Hingga kini, kata dia, pihaknya bersama masyarakat tak bisa berbuat banyak untuk memindahkan material longsor ini, karena kondisi cuaca yang masih hujan.

"Kami masih berupaya menghubungi Dinas PU Kabupaten Solok dan Provinsi Sumbar agar segera mendatangkan alata berat ke lokasi untuk memindahkan material longsor ini," ujarnya.

Pihaknya menduga, bencana ini selain diakibatkan oleh curah hujan tinggi juga akibat adanya fenomena tanah bergerak di daerah itu.

"Itu hanya dugaan sementara, bisa jadi tanah bergerak ini dipicu oleh aktivitas gempa yang terjadi belakangan ini," terangnya.

Sementara itu Kapolsek Lembah Gumanti Iptu Amin Nurrasid SH yang dihubungi terpisah membenarkan peristiwa itu. Pihaknya menyebutkan, saat ini petugas sudah menuju ke lokasi untuk membantu memindahkan material longsor.

"Alat berat sudah menuju ke lokasi bersama petugas Satlantas Polres Arosuka. Kami harap, jalur Padang Muara Labuh kembali normal," ucap Amin di ujung telphon selulernya.(h/ndi)

Editor:arie rh
Sumber:harianhaluan.com
Kategori:GoNews Group, Peristiwa, Sumatera Barat, Padang, Solok Selatan

wwwwww