Home  /  Berita  /  Umum

Terbitkan Buku ke-5, Komaryatin Ajak Pensiunan 'Tetap Kaya dan Bahagia di Usia Senja'

Terbitkan Buku ke-5, Komaryatin Ajak Pensiunan Tetap Kaya dan Bahagia di Usia Senja
Komaryatin saat menunjukkan buku karyanya. (GoNews.co)
Senin, 04 Februari 2019 09:42 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
PEKANBARU - Komaryatin, wanita paruh baya asal Jawa Tengah yang sudah menetap bertahun-tahun di Kabupaten Siak, Riau, yang juga mantan kepala Sekola Menengah Umum (SMU) di Dayun Siak kembali meluncurkan buku.

Buku berjudul "Tetap Kaya dan bahagia di usia senja" adalah hasil karya ke-5 dari Komaryatin, S.Pd.

Buku kelima Komaryatin sedikit berbeda dengan buku-buku cetakan sebelumnya yang ia tulis. Kali ini Komaryatin tak lagi menulis kegalauan hatinya, tapi lebih memberi motivasi ke pembacanya.

"Tetap Kaya dan bahagia di usia senja", merupakan buku yang berisi berbagai unek-unek, motivasi dan wejangan. Buku setebal 130 halaman ini telah resmi diterbitkan Nuansa Cendekia, Bandung Jawa Barat, Cetakan Pertama, Februari 2019.

Menurut Komaryatin atau yang biasa dipangil Bu Kom ini, pengertian kaya dalam judul bukunya ini bukan bersifat kebendaan atau materi, tetapi lebih pada sikap kaya batin didalam menjalani kehidupan diusia yang tidak muda lagi.

"Buku ini dicetak disaat saya sudash pensiun. Jadi kaya yang maksud adalah kaya pengalaman dan kaya rasa," ujar Komaryatin kepada GoNews.co Senin (4/2/2019).

Adapun bahagia disini menurutnya, adalah mengarah kepada ketenagan batin. "Saya selalu berbicara dan bersikap serta berpenampilan apa adanya, saya selalu berusaha menjadi diri sendiri. Selain itu pada saat saya memasuki usia pensiun ketiga anak saya Alhamdulillah sudah menyelesaikan kuliah dan bekerja, jadi saya tidak memikirkan lagi urusan pendidikan ketiga anak saya," tandasnya.

Bahagia menurutnya, ketia ia juga dikaruniai kesehatan yang cukup bagus dan berusaha membuat antara urusan dunia dengan akhirat seimbang.

"Itu semua membuat saya merasa bahagia. Mengapa saya mengambil tema pensiun, itu karena selain saya sendiri seorang pensiunan juga mengamati keadaan orang di lingkungan saya setelah memasuki usia pensiun. Kalau diadakan survey 6 dari 10 orang yang memasuki usia pensiun terutama kaum laki-laki mengalami sakit atau ngedrop, berbagai macam penyakit menderanya seperti kolestrol, jantung dan diabetes, beberapa diantara mereka juga mengalami stroke," ujarnya.

Untuk itu kata Komaryatin, apabila kita memikirkan hal-hal yang membahagiakan hidup, maka kita jadi bahagia, dan bila hanya memikirkan kesedihan, maka kitapun akan menjadi sedih.

"Karena seseorang setelah memasuki usia pensiun, sering kali tiba-tiba rasa percaya dirinya menjadi hilang, berubah menjadi sosok yang minder dimanapun berada, ada rasa tidak berguna, mudah tersinggung, dan lainnya," bebernya.

Untuk itulah buku ini hadir, guna memotivasi para pensiunan seusianya, agar tidak timbul pemikiran menakutkan yang berkecamuk sepanjang hari.

Untuk diketahui, Komaryatin yang resmi pensiun sebagai Kepala sekolah SMAN1 Dayun, pada tanggal 1 Januari 2018 itu sebelumnya juga telah menerbitkan empat buku bertajuk "Semangat Menembus Langit", "Remaja Tangguh", "Kasih Ibu" dan "Masih ada Pilihan Lain".

Ia juga mengaku bangga dan bersyukur, karena karya tulisnya bisa diterima dan diminati masyarakat, bahkan buku ke empat berjudul Masih Ada Pilihan Lain juga sempat diapresiasi Bupati Siak, Syamsuar.

Bukti bukunya laris juga dibuktikan dengan naiknya grafik permintaan, termasuk dari beberpa toko buku yang ada di beberapa Kabupaten dan Provinsi lain di Indonesia, untuk mengisi perpustakaan Desa.

Memasuki usia 62 tahun, Komaryatin termasuk sosok enerjik yang penuh semangat dan tak pernah berpuas diri. Karena bagi Komaryatin, usia bukanlah halangan untuk terus berkarya.

"InsyaAllah selagi saya masih sehat, saya tetap menulis. Karena saya berkeinginan punya kenangan dan punya warisan yang bermanfaat bagi masyarakat setelah saya nanti meninggalkan dunia ini," tandasnya.

Selain menulis buku, Komaryatin juga mencoba peruntungan di tahun politik. ia saat ini tercatat sebagai Calon Anggota Legislatif (caleg) di DPRD Kabupaten Siak dari Partai Demokrat.

"Bukan hanya coba-coba, tapi saya berkeinginan juga untuk berkontribusi bagi masyarakat Siak melalui jalur politik," ujarnya.

Lalu apa isi buku dari Komaryatin ini?

Buku karya Komaryatin ini secara keseluruhan berisi tentang wejangan-wejangan, pengalaman serta motivasi baik untuk kalangan muda dan tua.

Dalam Bukunya ini, Komaryatin mengajak pembaca untuk melihat sisi lain tentang pelajaran hidup. Dimana ia menyoroti soal belajar bersyukur, kesengsaraan yang membawa nikmat, hakikat kebahagiaan dan lainnya.

Komaryatin juga mengajak pembaca menjadi manusia yang berkualitas dan pantang berputus asa.

Selain itu Komaryatin juga menceritakan pengalaman pribadinya dalam bekerja dan membuka usaha.

Bukan saja soal wejangan serius, Komaryatin juga membawa pembaca kepada tulisan-tulisan yang sedikit kekinian. Dimana dalam buku tersebut ia menceritakan kisah hidupnya dengan label kekinian, seperti dalam sub judul "Aku Harus Bilang Wow" dan lainnya.

Disisi lain dia juga merangkai tulisannya untuk memberikan motivasi bagi orang-orang se usianya. Tidak salah rasanya, jika anda harus membaca lebih lengkap buku tersebut.

Anda ingin memiliki bukunya? Bagi yang di Siak dan sekitarnya, anda bisa mencarinya di beberapa toko dan gerai buku terdekat. Anda juga bisa memesannya melalui penerbit dengan Email: [email protected], atau melalui telp: 0227801410.***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/