Home  /  Berita  /  GoNews Group

Soal Ojol Masuk Tol, Pengamat Transportasi: Ide Bagus

Soal Ojol Masuk Tol, Pengamat Transportasi: Ide Bagus
Pengamat Transportasi, Azas Tigor Nainggolan. (istimewa)
Senin, 28 Januari 2019 21:56 WIB
Penulis: Muhammad Dzulfiqar
JAKARTA - Pengamat Transportasi, Azas Tigor Nainggolan merespon wacana Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang ingin membuatkan regulasi agar motor bisa masuk tol.

Menurut Tigor, wacana sepeda motor termasuk ojek online (ojol) masuk tol tidak sepenuhnya keliru. Ia mengatakan wacana tersebut adalah ide bagus.

"Ya kalau soal masuk ke jalan tol sih ok saja. Tapi lihat dulu juga bagaimana kapasitas penggunaan jalan tol tersebut, sudah padat atau belum," ujarTigor saat dihubungi wartawan, Senin (28/1/2019).

Tigor melanjutkan, jika pun terealisasi, wacana tersebut berpotensi tak bisa diterapkan di semua ruas tol yang ada.

"Kalo sudah pada seperti jalan tol Jagorawi, saya rasa agak sulit mengizinkan sepeda motor masuk gunakan jalan tol Jagorawi," ujarnya.

Dia juga menilai, ada sisi positif pada wacana tersebut. Hal ini, terkait fungsi monitoring terhadap roda dua.

"Ya motor yang masuk ke jalan tol akan lebih mudah diawasi," katanya.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengusulkan kepada pemerintah RI supaya sepeda motor diberikan jalur khusus di jalan bebas hambatan atau jalan tol.

Mengacu pada Peraturan Pemerintah PP Nomor 44 Tahun 2009, yang merevisi Pasal 38 PP Nomor 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol, pada Pasal 1a disebutkan jika jalan tol bisa dilengkapi jalur khusus untuk kendaraan bermotor roda dua. Dengan catatan, jalur harus terpisah secara fisik dengan jalur kendaraan roda empat atau lebih.

"Itu misalnya sudah ada di Bali kemudian Suramadu. Bukan gratis, mereka (pemotor) juga harus bayar seperti di Bali. Yang penting bisa memberikan hak kepada pengendara roda dua untuk menikmati jalan bebas hambatan. Jangan hanya pemilik roda empat yang punya kenikmatan bebas hambatan. Kan uangnya sama-sama dari rakyat, pemotor juga bayar pajak. Dan pemotor pakai tol itu nanti bayar juga," terang Bamsoet. ***

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:GoNews Group, Umum, Peristiwa, Pemerintahan, Politik
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77