Home  /  Berita  /  Politik

Berusia 29 Tahun, Gebu Minang Hari Ini Resmi Gelar Rakernas Perdana

Berusia 29 Tahun, Gebu Minang Hari Ini Resmi Gelar Rakernas Perdana
Ketua Gebu Minang, Oesman Sapta Odang ditengah-tengah peserta Rakernas.(GoNews.co/Muslikhin)
Sabtu, 26 Januari 2019 17:10 WIB
Penulis: Muhammad Dzulfiqar
JAKARTA - Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang (Gebu Minang) hari ini, Sabtu (26/01/2019), menggelar perayaan HUT ke-29 di Hotel Grand Cempaka, Cempaka Putih, Jakarta.

Acara HUT ini juga sekaligus menjadi momen pernyelenggaraan Rakernas I (pertama) Gebu Minang yang dibuka secara resmi oleh Ketua Umum DPP Gebu Minang, Oesman Sapta Odang (OSO).

Tiba di lokasi pada pukul 14.02 WIB- dengan diiringi musik tradisional Minang, OSO yang juga Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI ini, langsung menuju Aula dan membaur dengan ratusan anggota Gebu Minang yang telah lebih dulu tiba.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua DPP Gebu Minang, Akmil Tanjung, Sekretasis DPP Gebu Minang, Jasyanto dan beberapa tamu penting lainnya.

"Sampai kapanpun orang minang tetap akan ada di Indonesia, bahkan di dunia ini," kata OSO dalam sambutannya.

Untuk itu kata OSO, melalui Gebu Minang, ia berpesan, agar masyarakat Minang dimana pun berada, tetap harus menjaga budaya dan adat istiadat.

"Kalau orang Minang bisa akur, bisa menjaga kekompakan, dan berpegang teguh kepada adat istiadat, InsyaAllah kita akan menjadi masyarakat yang disegani dan turut serta membantu pembangunan negeri ini," kata OSO.

Untuk diketahui, Gebu Minang adalah gerakan sosial masyarakat Minang yang berfokus pada agenda ekonomi dan budaya. Gerakan ini, muncul pertama kali di penghujung era 80an, tepatnya 24 Desember 1989.

Kala itu, Gebu Minang adalah akronim dari Gerakan Seribu, dimana seluruh masyarakat Minang baik di dalam maupun di luar negeri, kompak menyumbangkan Rp1.000 miliknya untuk pembangunan kampung-kampung masyarakat Minang.

Konon, pembangunan berbagai infrastruktur di Sumatera Barat, sebagian besar tak lepas dari suksesnya Gerakan Seribu (Gebu) Minang kala itu.***

Editor:Muslikhin Effendy
Kategori:Sumatera Barat, Politik, Pemerintahan, Peristiwa, GoNews Group
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/