Home  /  Berita  /  GoNews Group

Jadi Moderator Debat Plpres 2019, Fadli Zon Anggap Najwa Shihab Tak Independen

Jadi Moderator Debat Plpres 2019, Fadli Zon Anggap Najwa Shihab Tak Independen
Rabu, 23 Januari 2019 15:23 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Ketua DPP Gerindra, Fadli Zon bereaksi soal usulan Najwa Shihab sebagai moderator debat kedua Pilpres 2019 pada 17 Februari 2019 mendatang, yang mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, dan infrastruktur.

Menurutnya, Najwa Shihab memiliki afiliasi terhadap politik. Namun demikian, Fadli Zon tidak menjelaskan lebih detail terkait afiliasi politik yang ia maksud. Selain Najwa Shihab, nama Tommy Tjokro yang juga diusulkan pun turut dikomentari Fadli Zon.

Fadli Zon menganggap Tommy Tjokro juga memiliki afiliasi politik sama seperti Najwa Shihab. "Saya enggak tahu ya, tapi dua-duanya (Najwa dan Tommy) kayaknya punya afiliasi politik gitu loh. Kalau nama itu yang disebut ya mungkin agak kurang independen kali ya," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/1/2019) kemarin.

"Enggak, saya gak mengatakan menolak. Nanti ada yang ngurus lah itu. Tapi saya baru denger," tambahnya.

Fadli Zon pun memberikan saran agar sosok moderator debat tak memiliki hubungan dengan politik. "Justru menurut saya harus serahkan pada kaum intelektual, universitas, perguruan tinggi, cari dari mereka karena mereka menurut saya jauh lebih objektif dan tidak terlibat di dalam politik," jelasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Budayawan, Sudjiwo Tedjo. Ia memohon kepada KPU agar Najwa Shihab tidak dijadikan sebagai moderator pada debat Pilpres 2019 kedua. Tak hanya Najwa Shihab, nama Alvito Deanova atau Vito pun tidak dianjurkan Sudjiwo Tedjo menjadi moderator debat Pilpres 2019.

Pada debat Pilpres 2019 kedua nanti, Sudjiwo Tedjo melayangkan permohonan kepada KPU terkait moderator. Permohonannya itu disampaikan melalui akun Twitternya beberapa waktu lalu.

Melalui akun Twitternya itu, Sudjiwo Tedjo menanggapi terkait artikel yang memberitakan bahwa Najwa Shihab masuk dalam nominasi moderato debat Pilpres 2019 kedua. Sudjiwo Tedjo pun membeberkan alasannya mengapa Najwa Shihab tidak dianjurkan menjadi moderator debat.

Menurut Sudjiwo Tedjo, Najwa Shihab terkesan merujuk pada satu capres. "Dgn segala cinta dan hormat, Nana jangan dijadikan moderator debat Capres krn inklinasi politiknya ud terkesan ke salah satu Capres," cuit Sudjiwo Tedjo, Senin (21/1/2019).

Begitu juga dengan Alvito Deanova atau Vito yang pernah bekerja sebagai jurnalis di sejumlah stasiun televisi. "Vito aku blm tahu. Kalau Vito jg patut diduga jd pendukung salah satu Capres, menurutku jg jangan dijadikan moderator cc @KPU_ID," tambah Sudjiwo Tedjo.

Di sisi lain, Sudjiwo Tedjo juga membeberkan bahwa moderator debat Pilpres 2019 harus netral. "Dengan segala cinta dan hormat, Rosi lebih gak kentara mendukung salah satu Capres ketimbang Nana. Tapi sebaiknya Rosi juga jangan dijadikan moderator Debat Capres. Moderator Debat Capres sebaiknya Netral atau minimal “Netral” @KPU_ID," tulis Sudjowo Tedjo.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/