Pasca Kebakaran Lapas Bukittinggi, 6 Narapidana Perempuan Dipindahkan

Pasca Kebakaran Lapas Bukittinggi, 6 Narapidana Perempuan Dipindahkan
Enam napi perempuan dipindahkan ke LPKA Tanjung Pati Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, pasca terbakarnya Lapas Klas II A Biaro Bukittinggi. (foto: Irwanda/Langkan.id)
Selasa, 22 Januari 2019 19:23 WIB
PADANG - Sebanyak 6 narapidana perempuan dipindahkan ke Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tanjung Pati di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, pascakebakaran yang melanda Lapas Klas II A Biaro, Bukittinggi.

Kepala Divisi Permasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat, Sunar Agus mengatakan, setidaknya ada 12 narapidana perempuan di Lapas Biaro Bukittinggi. Enam orang narapidana perempuan yang dipindahkan itu, telah memiliki keputusan hukum tetap.

"Pemindahan ini lebih menjaga kenyamanan narapidana. Jadi 6 narapidana ini sudah ada keputusan hukum tetap," kata Sunar seperti dilansir laman Langkan.id, Selasa (22/1/2019).

Alasan dipilihnya LPKA Tanjung Pati untuk menjadi tempat yang baru bagi 6 narapidana tersebut, karena memang merupakan tahanan bagi anak dan perempuan. Sementara apabila dipindahkan ke Lapas yang ada di Kota Padang, akan kurang efektif, karena jarak yang terlalu jauh.

Sekaitan dengan insiden kebakaran ini, kata Sunar, tidak terlalu berdampak terhadap sekua narapidana. Sebab untuk saat ini masih bisa dikondisikan dengan memindahkan para narapidana di Blok D yang terbakar ke kamar tahanan Blok lainnya.

"Jadi tidak begitu relatif berdampak karena itu dalam satu Blok D saja ada 8 kamar, yang terbakar hanya 4 kamar. Jadi masih bisa dipindahkan ke kamar lain sekalipun Lapas sudah over kapasitas," ujarnya.

Sunar menjelaskan untuk saat ini Lapas Biaro Bukittinggi memiliki kurang lebih sebanyak 500 narapidana. Padahal kapasitas normal hanya 300 narapidana sehingga mengalami over kapasitas mencapai 100 persen. ***

Editor:arie rf
Sumber:Langkan.id
Kategori:Uncategories

wwwwww