Home  /  Berita  /  GoNews Group

Tampilkan Beragam Kesenian Daerah, Pentas Seni HUT Dharmasraya Ke-15 Berlangsung Meriah

Tampilkan Beragam Kesenian Daerah, Pentas Seni HUT Dharmasraya Ke-15 Berlangsung Meriah
Pentas seni dan malam hiburan rakyat menyambut hari jadi Kabupaten Dharmasraya ke-15, Kamis (3/1/2019) malam. (foto: eko/GoSumbar)
Jum'at, 04 Januari 2019 00:34 WIB
Penulis: Eko Pangestu
DHARMASRAYA - Pentas seni dan malam hiburan rakyat yang diselenggarakan dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Dharmasraya ke-15, Kamis (3/1/2019) malam berlangsung meriah.

Kegiatan yang digelar di komplek kantor Bupati Dharmasraya itu diisi dengan beragam kesenian daerah bertema "Ajang Kreativitas Anak-anak".

Sekda Kabupaten Dharmasraya, Adlisman, saat membuka secara resmi kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya kepada para insan seni Dharmasraya, baik personal, grup kesenian dan anak-anak telah mempersiapkan diri dengan sangat baik sehingga bisa tampil memukau para pengunjung.

"Selain dapat menghibur masyarakat, kegiatan ini juga sebagai upaya melestarikan adat dan budaya masyarakat Dharmasraya, sehingga diharapkan mampu menggugah semangat generasi muda bangsa untuk mencintai budaya sendiri," ujar Sekda.

Pentas seni ini, sambung Sekda, juga diharapkan mampu mentransformasi berbagai nilai yang terkandung di dalamnya untuk kehidupan yang lebih baik. Terutama bagi generasi muda agar tidak terpengaruh dan terjerumus ke dalam budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur budaya bangsa.

"Ingatlah bahwa Dharmasraya merupakan kabupaten yang memiliki berbagai keunikan budaya yang terjalin berkelindan di antara puncak puncak kebudayaan Minangkabau, Jawa, Sunda, Batak dan lainnya," kata Sekda.

Maka dari itu, lanjut Sekda, kesadaran untuk terus menerus mengembangkan dan melestarikan seni dan budaya daerah Kabupaten Dharmasraya pada hakikatnya bukan hanya tanggung jawab satu pihak, melainkan tanggung jawab bersama para insan seni, budayawan, masyarakat dan pemerintah.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya, Reno Lazuardi, mengatakan, acara ini diikuti pelajar dari berbagai tingkatan pendidikan. Mulai dari SD, SMP dan SMA yang ada di Kabupaten Dharmasraya, yang telah diseleksi oleh Dinas Pendidikan dalam ajang gebyar yang dilaksanakan satu bulan lalu.

"Jargon yang kita angkat dalam acara ini adalah 'Dharmasraya Bertabur Bintang'. Ini memiliki makna bahwa kegiatan ini dijadikan sebagai ajang unjuk talenta anak-anak cerdas Dharmasraya," tandasnya.(ep)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/