Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Kalah Lawan Sri Lanka, Timnas Putra Bersiap Hadapi Korsel di Kualifikasi Grup B FIBA 3X3 Asia Cup 2024
Olahraga
24 jam yang lalu
Kalah Lawan Sri Lanka, Timnas Putra Bersiap Hadapi Korsel di Kualifikasi Grup B FIBA 3X3 Asia Cup 2024
2
Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Korupsi
Hukum
24 jam yang lalu
Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Korupsi
https://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77
Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Awal Tahun, Turis Mancanegara di Riau Disambut Air Mata Pengantin dan Joget Lambak

Awal Tahun, Turis Mancanegara di Riau Disambut Air Mata Pengantin dan Joget Lambak
Kadispar Riau, Fahmizal Usman (baju merah marun), menyambut kedatangan wisatawan mancanegara di Bandara internasional SSK II, Selasa (1/1/2019).
Selasa, 01 Januari 2019 13:42 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
PEKANBARU - Wisatawan mancanegara yang melancong ke Provinsi Riau pada hari pertama tahun baru, Selasa, 1 Januari 2019, mendapat sambutan unik. Mereka dicegat dan diberi minum air mata pengantin sambil dihibur tarian tradisi Joget Lambak.

Air mata pengantin adalah minuman khas Riau. Minuman ini biasanya disuguhkan pada acara bahagia seperti pernikahan dan merupakan minuman terpopuler se-Indonesia pada ajang anugerah pesona Indonesia 2018. Kali ini, air mata pengantin menyambut para turis dari Amerika di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II (SSK II), Kota Pekanbaru.

Penyambutan istimewa itu disajikan Dinas Pariwisata Riau bekerja sama dengan PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola Bandara Internasional SSK II. Setelah menikmati minuman khas itu, wisatawan turut menari Joget Lambak, didampingi empat orang penari dan diiringi pemain musik akordion, biola dan gendang dari sanggar Sri Melayu.

Pada awal tahun 2019, ada tiga belas wisatawan mancanegara berkunjung ke Provinsi Riau melalui pintu masuk kedatangan Bandara Internasional SSK II, Pekanbaru. Diantaranya dua orang dari Amerika yaitu Arora (43) dan Jonathan Wade (40), selebihnya delapan orang warga negara Singapura dan tiga orang dari Malaysia.

Kepala Dinas Pariwista Provinsi Riau, Fahmizal Usman menjelaskan, tiga belas wisatawan mancanegara yang datang pada awal 2018 ini menumpang pesawat Jetstar penerbangan 231 dari Singapura dan tiba di Pekanbaru, pukul 09.30 WIB.

"Kunjungan wisman yang datang bermaksud mengunjungi desinasi wisata di Pekanbaru dan berbagai destinasi wisata di Kabupaten dan Kota," kata Fahmizal Usman.

Fahmizal menuturkan, kegiatan penyambutan yang digelar itu merupakan kebiasaan rutin yang dilakukan Dinas Pariwisata Riau bekerja sama dengan pihak manajemen Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru. "Sengaja kami sambut dengan joget lambak dan minuman air mata pengantin. Hal ini dilakukan untuk memberikan atraksi sekaligus memperkenalkan tarian dan kuliner khas masyarakat Provinsi Riau," ucapnya.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Provinsi Riau, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Provinsi Riau pada tahun 2016, yaitu 66.130 dan pada 2017 sebanyak 91.484 orang. Sementara, terhitung sejak Januari - November 2018, jumlah wisman yang datang 121.000 orang.

Rekapitulasi angka ini dihitung berdasarkan pintu masuk utama, yakni Bandara internasional SSK II, Pelabuhan Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Meranti.

"Semoga kunjungan wisatawan ke Riau pada 2019 ini lebih meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, sehingga dapat memberikan sumbangan devisa negara dan menciptakan efek beragam lainnya kepada masyarakat Riau," kata dia.

Salah seorang wisatawan dari Amerika, Jonathan Wade, mengaku sangat terkejut melihat penyambutan yang meriah di Riau. Dia mengatakan pengalaman unik itu sangat berkesan. "Minumannya segar dan tarian tradisionalnya unik," kata pria itu.***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77