Home  /  Berita  /  GoNews Group

Hebat... Ternyata Jengkol Paling Enak di Indonesia Ada di Pesisir Selatan

Hebat... Ternyata Jengkol Paling Enak di Indonesia Ada di Pesisir Selatan
ilustrasi
Jum'at, 28 Desember 2018 21:55 WIB
PAINAN - Pejabat Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), mengklaim daerahnya memiliki varietas jengkol (Archidendron pauciflorum) paling enak se-Indonesia. Hal itu diketahui setelah diteliti.

"Pesisir Selatan memiliki dua varietas jengkol unggulan, yakni bareh dan lokan," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan, Jumsu Trisno di Painan, Jumat (28/12/2018), dilansir Liputan6.com mengutip Antara.

Ia menambahkan, keunggulan rasa kedua varietas itu berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Balai Penelitian Buah (Balitbu) Tropika Aripan Sumatera Barat, beberapa waktu lalu.

Dari penelitian itu diketahui kadar amilosa dan kadar kapur yang tergandung pada daging jengkol lebih unggul jika dibanding dengan jenis jengkol lain di Indonesia. Selain itu, kedua varietas jengkol tersebut merupakan jenis jengkol yang pertama kali disertifikasi di Indonesia.

Kadar kapur yang ada pada jengkol bareh dan lokan berpotensi kecil membuat orang yang mengosumsinya mengalami sakit perut. Hanya saja, lanjut dia, dari banyaknya jengkol jenis tersebut di Pesisir Selatan, hanya dua batang saja yang dinilai unggul.

Saat ini, Balitbu Tropika Aripan Sumatera Barat tengah mengembangkan kedua jenis itu.

"Sedikitnya sekitar 6.000 bibit dari jengkol kedua jenis itu telah ditanam di Kecamatan Silaut," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya sertifikasi, penelitian hingga pengembangannya kepada masyarakat yang membudidayakan jengkol jenis itu bisa meraup pundi-pundi rupiah lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya. ***

Editor:arie rf
Sumber:liputan6.com
Kategori:GoNews Group, Umum, Sumatera Barat, Pesisir Selatan
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/