Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Satu Keluarga Perantau Tertular Covid-19 Saat Berada di Agam
Agam
21 jam yang lalu
Satu Keluarga Perantau Tertular Covid-19 Saat Berada di Agam
2
Ledakan di Lebanon Sebuah Serangan di Tengah Sulitnya Ekonomi?
GoNews Group
20 jam yang lalu
Ledakan di Lebanon Sebuah Serangan di Tengah Sulitnya Ekonomi?
3
Tak Pernah Keluar Rumah Tapi Dinyatakan Positif Corona, Ibu Hamil Menangis Histeris
Kesehatan
12 jam yang lalu
Tak Pernah Keluar Rumah Tapi Dinyatakan Positif Corona, Ibu Hamil Menangis Histeris
4
Akibat Ledakan Dahsyat di Beirut, 300 Ribu Orang Kehilangan Rumah
Internasional
12 jam yang lalu
Akibat Ledakan Dahsyat di Beirut, 300 Ribu Orang Kehilangan Rumah
5
Penderita Corona, Penjaga Makam, Security dan Kaum Duafa Dapat Daging Qurban
GoNews Group
12 jam yang lalu
Penderita  Corona, Penjaga Makam, Security dan Kaum Duafa Dapat Daging Qurban
6
Prajurit TNI Bantu Evakuasi Korban Ledakan Dahsyat di Beirut
Internasional
17 jam yang lalu
Prajurit TNI Bantu Evakuasi Korban Ledakan Dahsyat di Beirut
Loading...
Home  /   Berita  /   GoNews Group

KPU Dharmasraya Resmikan Rumah Pintar Pemilu

KPU Dharmasraya Resmikan Rumah Pintar Pemilu
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP), Senin (17/12/2018)
Senin, 17 Desember 2018 20:45 WIB
Penulis: Eko Pangestu
DHARMASRAYA - Sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP), Senin (17/12/2018). Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, bersama Wakil Bupati H Amrizal Dt Rajo Medan, Komisioner KPU Provinsi Sumatera Barat, Yanuk Sri Mulyani, dan Ketua KPU Kabupaten Dharmasraya, Maradis.

Dikatakan Maradis, Rumah Pintar Pemilu merupakan program nasional yang dilaksanakan dari pusat hingga ke daerah. RPP, sebutnya, adalah sebuah konsep yang dibuat untuk mensosialisasikan berbagai hal terkait kepemiluan.

"Di RPP ini disediakan banyak informasi dan dokumentasi tentang Pemilu. Bahkan juga ada ruang audio visual yang bisa dilihat oleh masyarakat yang menampilkan tentang sejarah pelaksanaan Pemilu di Indonesia. Untuk itu, dengan kehadiran RPP ini kita berharap masyarakat menjadi lebih paham dan pintar tentang Pemilu," ujar Maradis.

Maradis mengakui masih terdapat sejumlah kekurangan di RPP tersebut. Untuk itu ia juga berharap, masukan serta dukungan, baik itu dari pemerintah daerah maupun stakeholder untuk menjadikan RPP ini lebih baik lagi ke depannya.

Hal senada juga disampaikan oleh Komisioner KPU Provinsi Sumatera Barat, Yanuk Sri Mulyani. Keberadaan RPP ini betul-betul diharapkan menjadi sarana edukasi dan pusat informasi tentang Pemilu bagi masyarakat.

"Selama ini, sebagian besar masyarakat memandang Pemilu hanya sebatas mencoblos saja, tanpa memahami apa esensi Pemilu dan betapa pentingnya Pemilu dalam menentukan nasib bangsa. Maka melalui RPP inilah, KPU berupaya untuk mengedukasi masyarakat tentang hal itu," ungkap Yanuk, yang juga mantan Ketua KPU Dharmasraya.

Adanya RPP, imbuh Yanuk, diharapkan masyarakat betul-betul menjadi paham dan sadar akan esensi Pemilu serta bagaimana pemilu dapat menentukan nasib masyarakat dan bangsa ini ke depan.

Sementara itu, bupati dalam kesempatan yang sama, menyampaikan apresiasi kepada KPU Kabupaten Dharmasraya yang sudah menghadirkan RPP untuk masyarakat, meskipun dengan sejumlah keterbatasan yang ada.

"Insya Allah, kami dari pemerintah daerah ke depan akan mengupayakan penyediaan untuk melengkapi kekurangan yang masih ada di RPP, termasuk juga untuk kantor KPU Dharmasraya. Untuk mobil operasional KPU, kita juga sudah tambah satu unit, mobil Innova," kata bupati.

Kemudian, terkait pelaksanaan Pilpres dan Pileg yang akan dilaksanakan secara serentak pada April 2019 mendatang, tentu menjadi tantangan bagi KPU selaku penyelenggara untuk mensukseskannya. Apalagi Pilpres dan Pileg ini baru pertama kali dilaksanakan secara serentak di Indonesia.

"Semoga Pemilu 2019 di Kabupaten Dharmasraya berjalan sukses dan lancar serta melahirkan wakil-wakil rakyat dan pemimpin-pemimpin yang amanah serta dicintai rakyat," tukas bupati.

Bupati juga mengajak segenap pihak, mulai dari jajaran pemerintah daerah, TNI, Polri, Bawaslu, Parpol, masyarakat dan juga pihak terkait lainnya agar bersatu padu mewujudkan Pemilu yang damai dan sejuk di Kabupaten Dharmasraya.

Selain meresmikan RPP, KPU Dharmasraya juga melaksanakan sosialisasi dan pendidikan pemilu bagi pemilih pemula, perempuan dan disabilitas. (ep)


Loading...
www www