Curah Hujan Tinggi Sebabkan Longsor dan 4 Jembatan Putus di Padang Pariaman

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Longsor dan 4 Jembatan Putus di Padang Pariaman
Pembersihan pohon tumbang di kawasan Lembah Anai, Padang Pariaman Senin (10/12/2018) malam akibat hujan deras di kawasan tersebut. (Foto: Istimewa/covesia.com)
Senin, 10 Desember 2018 23:08 WIB
PARIAMAN - Hujan dengan intensitas tinggi juga menyebabkan longsor yang menutup akses jalan lintas Padang - Bukitinggi di Kabupaten Padang Pariaman, tepatnya di kawasan Bukit Tambun Tulang, Malibo Anai, Nagari Guguak, Kecamatan Kayu Tanam, Senin (10/12/2018) malam.

Selain longsor di Malibo Anai, Senin malam ini juga ada 4 jembatan putus di Kabupaten Padang Pariaman.

"Material longsor tersebut mengakibatkan badan jalan tertimbun tanah dan pohon kayu jatuh ke jalan raya yang menghambat akses jalur Padang- Bukittinggi, sehingga tidak bisa dilewati kendaraan bermotor," ungkap Kepala BPBD Padang Pariaman, Budi Mulya, seperti dilansir Covesia.com, Senin malam.

Ia mengatakan untuk saat ini petugas baru bisa mengevakuasi pohon tumbang, namun untuk material longsor belum bisa dieksekusi karena harus menggunakan alat berat.

"Untuk material longsor saat ini belum bisa dieksekusi dan itu harus menggunakan alat berat, namun untuk membawa alat berat ke sini juga belum bisa, karena akses jalan di Kayu Tanam, tepatnya di kelok Pinyaram juga tidak bisa dilalui disebabkan ambruknya jembatan di daerah itu," jelasnya.

Budi Mulya menyebutkan, untuk kondisi jembatan yang ambruk sudah kita sampaikan kepada pihak provinsi atau PU untuk penanganannya lebih lanjut, karena jalur jembatan tersebut wewenang pihak provinsi.

"Terkait Jembatan putus sudah kita kordinasikan ke pihak Provinsi, dan itu akan dikondisikan besok untuk penanganan lebih lanjut," kata dia.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat, agar memilih jalur alternatif yang aman untuk dilewati, sepertinya di kawasan jalur Malalak juga rentan terhadap longsor. Lebih baik pilih jalur ke Solok, biar jauh yang penting aman.

"Kita juga berkoordinasi kepada pihak BPBD Sumbar, agar ada juga alat berat di kawasan Malalak yang mana saat ini juga rawan longsor, akibat curah hujan akhir-akhir ini yang meningkat," sebutnya.

Ia menambahkan, untuk di Padang Pariaman selain jembatan jalur Padang - Bukittinggi juga ada tiga jembatan lagi yang putus di wilayah Padang Pariaman di jalan kabupaten.

"Di wilayah Padang Pariaman juga ada tiga lagi jembatan yang putus. Pertama di daerah Sungai Patai, Korong Pasa Usang dan Lubuak Napa, semua juga di Kecamatan Kayu Tanam," tuturnya.

Untuk saat ini kata Budi, belum ada laporan korban jiwa akibat bencana alam yang terjadi malam ini.  (don)

Editor:arie rf
Sumber:covesia.com
Kategori:GoNews Group, Peristiwa, Sumatera Barat, Bukittinggi, Padang Pariaman

wwwwww